Sukses

Peneliti Kuak 4 Tipe Pemabuk, yang Mana Anda?

Sebuah penelitian mengungkapkan terdapat 4 jenis pemabuk yang digolongkan dengan nama-nama dari sastra dan budaya pop.

Liputan6.com, Columbia - Pernahkah Anda mengamati orang yang sedang mabuk? Entah itu dalam sebuah adegan film maupun dalam kehidupan nyata.

Biasanya Anda akan menemukan orang yang ketika mabuk akan tertawa terbahak-bahak, bercerita hal-hal lucu, berkelahi dengan orang lain, atau bahkan tak tampak seperti orang mabuk.

Baru-baru ini, beberapa peneliti psikologi dari University of Missouri di Columbia mempublikasikan sebuah studi yang mengungkapkan beberapa jenis pemabuk.

Penelitian tersebut melibatkan 374 mahasiswa sarjana dan menggunakan sastra serta budaya pop, untuk menyimpulkan bahwa terdapat 4 jenis pemabuk. 

Berikut ini 4 jenis pemabuk seperti dikutip dari Time, Minggu (10/4/2016):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tipe Ernest Hemingways dan Mary Poppins

1. The Ernest Hemingways

Ernest Hemingway merupakan seorang penulis dengan karyanya yang terkenal, The Old Man and the Sea. Selain itu, ia juga dikenal sebagai orang yang tak bisa mabuk walaupun telah menenggak bergelas-gelas minuman beralkohol.

Ernest Hemingway (Foto: Biography).

Ternyata sebanyak 40 persen pemabuk juga mengalami hal yang sama dengan Hemingway. Mereka tak menunjukkan perubahan sikap yang besar ketika sedang mabuk.

2. The Mary Poppins

Mary Poppins adalah judul film fantasi musikal pada 1964 yang dibuat oleh produser Walt Disney. Tokoh utamanya, Poppins, digambarkan sebagai seorang wanita yang sempurna dalam segala hal.

Mary Poppins (Foto: IMDB).

Sama halnya dengan Poppins, pemabuk yang digolongkan sebagai The Mary Poppins, merupakan mereka yang bersikap lebih manis dan terlihat bahagia ketika sedang mabuk.

3 dari 3 halaman

Tipe Nutty Professors dan Mr. Hyde

3. The Nutty Professors

The Nutty Professors merupakan film pada 1996 ber-genre fiksi ilmiah yang dibintangi oleh Eddie Murphy. Dalam film tersebut, Murphy berperan sebagai Sherman Klump, yaitu seorang profesor yang mengalami obesitas.

Film The Nutty Professor (Wikipedia).

Dalam film tersebut diceritakan bahwa Klump akhirnya membuat sebuah ramuan untuk menurunkan berat badannya agar dapat menarik perhatian gadis impian. Walaupun berhasil menurunkan bobot tubuh, namun dengan meminum ramuan tersebut ia memiliki kepribadian ganda.

Serupa dengan apa yang dialami Klump, pemabuk yang termasuk dalam tipe the Nutty Professors rata-rata mempunyai kepribadian intovert atau tertutup. Namun ketika mabuk, sikap mereka jauh lebih terbuka dan mudah untuk bersosialisasi.

4. The Mr. Hydes

Mr. Hyde atau nama lengkapnya Edward Hyde, adalah kepribadian lain yang dimiliki oleh Dr Henry Jekyll. Mereka adalah karakter fiksi dalam novel berjudul Strange Case of Dr Jekyll and Mr Hyde yang ditulis oleh Robert Louis Stevenson pada 1886.

Dr Henry Jekyll dengan kepribadian lainnya Mr. Hyde (Foto: Wikipedia).

Dalam novel tersebut, Mr. Hyde digambarkan memiliki sifat mengerikan yang sama sekali tak mempunyai belas kasihan dan kasar.

Pemabuk yang tergolong dalam jenis Mr. Hydes, ketika sedang di bawah pengaruh alkohol sikapnya akan berubah seperti tokoh fiksi tersebut. Mereka menjadi kurang bertanggung jawab, tak intelek, dan cenderung memiliki rasa permusuhan ketika sedang mabuk.

Bagaimana dengan Anda?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.