Sukses

Percikan Kembang Api Bakar Kuil di India, 75 Tewas

Api berkobar di Kuil Puttingal, Kerala, India sekitar pukul 03.15 pagi waktu setempat.

Liputan6.com, Kerala - Sebuah festival di Kuil Puttingal, Kerala, India, berakhir tragis. Terjadi kebakaran di lokasi tersebut pada hari Minggu pagi waktu setempat.

"Setidaknya 75 orang tewas dan lebih dari 200 luka-luka dalam insiden tersebut," kata Asisten Komisaris Polisi K. Lalji kepada CNN yang dikutip Minggu (10/4/2016).

"Korban luka akibat kebakaran itu telah dilarikan ke rumah sakit yang berbeda di kota Kollam dan juga sebuah kampus fakultas kedokteran," ucap Asisten Komisaris Kerala, M.S. Santhosh.

Ledakan yang memicu kebakaran itu diperkirakan terjadi pukul 03.15 pagi waktu setempat, seperti diberitakan Times of India.

"Api membara dari percikan kembang api yang menimpa kembang api lain," jelas Lalji.

Lalji menuturkan bahwa personel pemadam kebakaran telah dikerahkan ke lokasi kejadian.  Pun demikian dengan tim darurat.

Sejauh ini belum ada laporan kerusakan bangunan. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 07.00 waktu setempat.

"Acara itu berakhir dengan pesta kembang api, kemungkinan ada kembang api mendarat di tempat penyimpanan yang penuh dengan petasan dan memicu ledakan besar," ucap polisi lain.

Menteri Dalam Negeri India, seperti dilaporkan Manorama Online yang dikutip dari Daily Mail, mengatakan pihaknya telah mengerahkan tim untuk penyelidikan lebih lanjut.

Sementara pejabat tertinggi Kerala, Oommen Chandy, dilaporkan bergegas menuju lokasi kebakaran setelah menerima laporan.

Festival kembang api ini digelar untuk peringatan Vishu atau Tahun Baru Hindu yang biasanya jatuh pada minggu kedua April.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.