Sukses

David Beckham, Stephen Hawking, dan JK Rowling Senada Soal Brexit

Dari pemain bola terkenal hingga pemeran James Bond, ini pilihan dan alasan mereka memilih Inggris menetap atau keluar dari UE.

Liputan6.com, London- Tanggal 23 Juni 2016 ini akan menjadi hari yang bersejarah bagi seluruh rakyat Inggris. Pada hari ini, Inggris akan menggelar sesi pemungutan suara dalam sebuah referendum yang nantinya akan menjadi faktor penentu status negara tersebut ke depannya di mata Eropa.

 

Rakyat Inggris akan diberikan satu kesempatan untuk memilih menetap dalam lingkup Uni Eropa atau memilih jalur Brexit, sebuah istilah yang mengacu pada kondisi di mana Inggris akan hengkang dari blok 28 negara Eropa.

Bukan hanya anggota kepemerintahan dan peminat politik saja yang melontarkan pendapatnya soal tetap atau hengkangnya negara mereka dari UE. Tokoh-tokoh ternama berkebangsaan Inggris dengan kepopuleran mendunia mulai dari, selebriti, penulis buku, sutradara, model, penyanyi hingga pemain bola, turut angkat bicara soal isu ini.

Menetap

Ternyata jumlah figur ternama di Inggris yang memutuskan untuk menetap dalam lingkup UE jauh lebih banyak dibandingkan jumlah mereka yang mendukung aksi Brexit. Di antaranya adalah pasangan selebritas papan atas David dan Victoria Beckham, penyanyi legendaris Elton John, penulis buku terlaris JK Rowling, Pemeran James Bond Daniel Craig, ikon Hollywood Jude Law, fisikawan terkemuka Stephen Hawkings, pemusik Simon Cowell, aktris cantik Keira Knightley dan supermodel Cara De Levigne.

Alasan di balik pemilihan keputusan untuk menetap bermacam-ragam dengan kebanyakan dari mereka merasa bahwa perpecahan akan membawa dampak buruk, terutama di kala ancaman teror sedang meningkat.

Mantan Kapten tim sepak bola internasional Inggris, David Beckham mengkonfirmasi sekaligus menjelaskan alasannya memilih untuk menetap lewat akun resmi Instagramnya.

“Kita hidup di dunia di mana semua orang terhubung secara dinamis satu sama lainnya dan itulah yang membuat kita semua kuat. Kita harus menghadapi masalah dunia bersama-sama bukan sendirian,” demikian tulisan mantan pemain bola dalam akun instagramnya, mengutip Telegraph, Kamis (23/6/2916).

Senada dengan sang suami, Victoria Beckam mengatakan bahwa, “Masa depan anak-anak juga tergantung dengan keputusan ini dan saya percaya akan masa depan mereka yang baik di mana kita semua kuat karena persatuan yang tak terpecahkan.”

Sama seperti duo Beckham, penyanyi legendaris Elton John menggunakan media sosial Instagram untuk mengemukakan pendapatnya soal isu Brexit.

Build Bridges not walls,” -- bangun jembatan, bukan tembok --tulisnya menggunakan metafora, mengingatkan untuk Inggris membangun jembatan bukan tembok penghalang antar masyarakat Eropa.

Sosok lain yang juga menggunakan instagram sebagai tempat untuk mengeluarkan opininya terkait status Inggris di UE adalah supermodel Cara De Levigne.

“Saya memilih untuk berada dalam UE,” tulisnya.

Untuk penulis buku Harry Potter, JK Rowling, keputusan untuk hengkang dari UE dikhawatirkan akan memicu pemikiran dan aksi yang berbau rasis.

“Mengapa kita harus memilih jalur individualis dan egois ketika kita tahu bahwa Eropa sedang berada di bawah ancaman? Bagaimana bisa kita lepaskan diri kita dari suatu hubungan spesial yang telah mengikat kita begitu kuat dengan masyarakat Eropa lainnya? Bagaimana cara kita menangani masalah terorisme dan perubahan iklim tanpa kerjasama dengan negara-negara Eropa lainnya?,” kritiknya, seperti dimuat oleh The Guardian.

Jawaban kritis juga disampaikan oleh fisikawan sekaligus pengarang buku fiksi terpopuler di dunia, Stephen Hawkings.

“Kemajuan terjadi atas kerjasama antar negara. Dengan bekerja sama sesama negara Eropa, kita telah menguatkan ekonomi kita masing-masing sekaligus membuat peran kita semakin berpengaruh di bagian dunia lainnya,” tuturnya.

Keputusan untuk keluar dari lingkup UE juga dinilai akan menimbulkan masalah di dunia olahraga bola Inggris. Ini dikarenakan, jika betul keluar, belasan pemain bola akan dihadapi dengan masalah perijinan.

Keluar

Meski alasan sejumlah tokoh pendukung menetapnya Inggris dalam UE terdengar sangat meyakinkan, masih ada beberapa lainnya yang tidak mau mengganti haluan dari jalur ‘Brexit’.

Dua di antara  figur terkenal yang memilih lepas dari lingkup UE termasuk,mantan kiper untuk klub bola Bristol City, David Benjamin James dan aktor Hollywood, Sir Maurice Joseph Micklewhite atau Michael Caine, yang terkenal melalui perannya sebagai Alfred di film Batman Begins dan The Dark Knight Rises.

Sang penjaga gawang Bristol City, David James berpendapat bahwa, keluarnya Inggris akan membawa dampak baik, terutama untuk bidang sepak bola.

“Jika kita keluar, kesempatan akan jauh lebih banyak untuk pemain dan manajer bola kita berkembang,” terangnya, seperti dilansir dari Evening Standard.

Dengarkan alasan Michael Caine memilih jalur Brexit lewat video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.