Sukses

Istri Dubes AS Kisahkan 6 Wanita Hebat Indonesia dalam Bukunya

Istri Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Sofia Tcherckellova, meluncurkan sebuah buku bertajuk Journeys to the Heart.

Liputan6.com, Jakarta- Istri Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Sofia Tcherckellova, meluncurkan sebuah buku bertajuk Journeys to the Heart pada Rabu siang, 22 Juni 2016, di toko buku Kinokuniya, Plaza Senayan, Jakarta. 

Journeys to the Heart berisi kisah dan pengalaman menarik Sofia selama berada di Tanah Air, baik sebagai istri seorang diplomat, maupun seorang wanita yang antusias dan sangat berdedikasi dalam melaksanakan kegiatan sosial secara sukarela di beberapa titik lokasi di wilayah Indonesia.

“Saya tidak tahu awalnya mengapa saya memilih Indonesia. Lalu, saya menyadari bahwa saya ingin melakukan suatu hal yang saya betul-betul suka: bersosialisasi. Sejak dulu saya gemar bersosialisasi, aktif di bidang sosial di mana saya berinteraksi dengan banyak orang. Indonesia menjadi tantangan menarik untuk melancarkan kegiatan sosial yang saya dambakan,” kata Sofia.

Kegemarannya dalam kegiatan sosial yang bersifat kemanusiaan terbukti melalui keikutsertaannya dalam aksi sosial para wanita Indonesia terpilih yang menginspirasi di beberapa lokasi di Tanah Air, seperti Brebes, Poso, Kalimantan Barat, Lombok, Yogyakarta, dan Jakarta.

Sofia berupaya untuk memperkenalkan dunia lewat bukunya, khususnya pada Bab 5: Explorations with the 6x6 Women in Action. Dalam bab ini ia bercerita tentang sejumlah sosok wanita hebat di Indonesia yang memprakarsai proyek-proyek di beberapa titik di Indonesia.

Setiap sosok mempunyai kisah masing-masing yang membuat Sofia terpukau dan semakin bulat tekadnya untuk bergabung dan membuat perubahan sosial bersama-sama. Hal itu semua ia ceritakan dalam bukunya yang juga dipenuhi oleh gambar-gambar lucu dan menarik hasil karya putrinya, Alexie Blake, dan dua ilustrator dari Indonesia.

Selain membicarakan kisahnya bersama dengan wanita-wanita hebat di Indonesia dan menyalurkan jiwa feminismenya, dalam buku pertamanya ia juga berkisah tentang perannya sebagai penasihat untuk EducationUSA Mentorship Program dan soal makanan Indonesia dalam Bab 1: Indonesian Food. Ada pula pengalamannya yang tak terlupakan saat menghabiskan waktu menjelajah bersama putrinya di Lembah Baliem, Papua.

Dibanjiri Pujian

Acara peluncuran buku juga dihadiri oleh Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert O Blake, suaminya, beserta teman-teman terdekatnya.

Juga hadir sosok yang menginspirasinya selama ini di Indonesia yang namanya disebut di halaman kedua buku Journeys to the Heart. 

Pemilik EMTEK Group, Eddy Kusnadi Sariaatmadja, merupakan salah satu dari beberapa figur yang namanya dicantumkan di sela-sela gambar kepulauan Indonesia itu. 

Nama Natalie, pendiri Maria Monique Last Wish Foundation, sebuah yayasan yang didedikasikan untuk memberikan secercah harapan bagi anak-anak berpenyakit kronis, juga ditulis di halaman pertama buku tersebut.

"Menurut saya Sofia mempunyai hati yang luar biasa. Sama seperti suaminya, Sofia seseorang yang jenius. Belum tentu duta besar atau istri dubes lainnya mau melakukan apa yang mereka lakukan. Sofia bukan seorang penulis, tapi ia bisa mengarang buku ini dan meluncurkannya," kata Natalie kepada Liputan6.com.

Selain itu, Natalie juga menceritakan bagaimana Sofia yang baru tinggal di Indonesia selama dua tahun bisa langsung bisa menguasai bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Ia mengaku bahwa keluarga Blake lebih dari sekadar teman dan lebih seperti keluarga baginya.

Rak Buku Publisher merupakan perusahaan penerbitan yang dipilih oleh Sofia untuk menerbitkan buku perdananya itu.

"Kami merasa terhormat saat dipilih menjadi penerbit buku ibu Sofia. Sangat menarik, tidak seperti buku lainnya," kata Ardi, pimpinan penerbit Rak Buku kepada Liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.