Sukses

Perkenalkan, Inilah 72 Emoji Baru untuk Kirim Pesan

Sekarang semakin mudah menyatakan pesan visual melalui telepon pintar setelah kehadiran 72 emoji baru. Yuk, lihat selengkapnya.

Liputan6.com, Mountain View - Apakah salah satu bahasa yang paling cepat berkembang di dunia? Jawabnya: emoji.

Pada Mei tahun 2015 lalu, emoji menjadi bahasa yang paling cepat berkembang di dunia. Jadi jangan heran kalau baru-baru ini kembali terbit 72 karakter emoji baru, termasuk tampilan orang menutup muka, telepon, bacon, avokad, dan Nyonya Claus.

Dikutip dari Daily Mail pada Rabu (22/6/2016), emoji baru itu diterbitkan oleh Unicode Consortium, suatu badan resmi yang berwenang menetapkan standar karakter untuk industri komputer, walau sedikit terlambat dari dugaan. 

Pembaruan itu tidak menyertakan emoji senapan yang mengundang kontroversi.

Emoji itu tadinya akan dicantumkan dalam bagian Rio Games, tapi kemudian Apple dan Microsoft keberatan. Bagi mereka yang enggan melihat badut, kali ini malah ada emoji itu dengan tampilan khasnya.

Selain itu, konsep pembaruan berjadwal ini adalah untuk menciptakan pasangan gender bagi beberapa emoji yang masih 'sendiri'.

Dengan demikian, emoji wanita menari akan mendapatkan pasangan emoji pria menari. Lalu, emoji pengantin wanita akan mendapatkan pasangan emoji pengantin pria. Bahkan Santa Claus akan dilengkapi dengan Nyonya Claus.

Sekarang semakin mudah menyatakan pesan visual melalui telepon pintar setelah kehadiran 72 emoji baru. (Sumber Emojipedia via Daily Mail)

Lalu ada sejumlah emoji gerakan tangan termasuk jari menyilang, isyarat 'panggil saya', jabat tangan, dan bogem tagan.

Para pencinta foto diri akan senang melihat ada emoji selfie.

Google mengumumkan minggu ini bahwa lebih dari 200 juta orang mengunggah gambar ke aplikasi GooglePhotos setiap bulan, dan menambah jumlah 24 miliar selfie sejauh ini.

Emoji baru lainnya termasuk seorang wanita hamil dan sosok yang menutup muka serta 3 raut wajah terlihat sakit.

Sejumlah makanan populer pun mulai masuk dalam emoji, antara lain avokad, paella (nasi seafood khas Spanyol), acar, dan roti croissant. Minuman baru misalnya segelas air, sampanye, dan whiskey dengan es batu juga ada.

Untuk para pencinta satwa, pastinya akan semringah melihat masuknya gurita, badak, burung hantu, gorilla, dan bebek pada emoji.

Sekarang semakin mudah menyatakan pesan visual melalui telepon pintar setelah kehadiran 72 emoji baru. (Sumber Emojipedia via Daily Mail)

Nantinya juga akan ada emoji hati berwarna hitam, sebagai pertanda seseorang sedang merasa gundah. Pembaruan ini juga mencakup wajah-wajah dengan berbagai pilihan warna kulit, tambahan emoji olahraga, dan yang telah lama ditunggu adalah makanan khas Mexico, taco.

Metode penambahan emoji baru tidak terlalu mudah. Emoji-emoji baru harus disetujui oleh organisasi Unicode Consortium yang disebut sebelum ini, badan yang ada di California itu bertanggungjawab mengembangkan Unicode.

Mereka kemudian memilih calon-calon emoji dari permintaan populer atau bertopik. Calon-calon emoji juga dipilih jika ada kekosongan dalam emoji yang sekarang, misalnya ada emoji macan dalam Unicode 7.0, tapi belum ada singa.

Kemudian, gambar-gambar itu diserahkan kepada perusahaan-perusahaan seperti Apple, Google, dan Microsoft untuk dimasukan dalam sistem mereka.

Sekarang semakin mudah menyatakan pesan visual melalui telepon pintar setelah kehadiran 72 emoji baru. (Sumber Joshua Jones via Daily Mail)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini