Sukses

Detik-detik Sinkhole 30 Meter 'Telan' 4 Mobil di China

Tak hanya 'menelan' 4 mobil, sinkhole di jalan utama sebuah kota di China juga 'menghisap' sebuah pohon.

Liputan6.com, Ruijin - Empat buah mobil tiba-tiba saja 'tertelan' oleh sebuah lubang besar atau sinkhole yang memiliki lebar 30 meter. Dalam hitungan detik, keempat kendaraan itu hilang terhisap tanah amblas.

Sinkhole atau lubang sedalam 3 meter itu terbentuk di jalan utama Kota Ruijin, Provinsi Jiangxi, China.

Tak hanya mobil saja yang menjadi korban, sebuah pohon yang berada di dekatnya juga ikut tersedot ke dalam sinkhole. Sementara mobil berwarna putih yang juga tak jauh dari lubang itu nyaris terhisap.

Dalam peristiwa tersebut, tak ada ada korban jiwa. Namun hingga kini penyebabnya terjadinya sinkhole di China itu masih diselidiki.

Sementara petugas pemadam kebakaran menggunakan crane untuk mengangkat kendaraan yang tersedot ke dalam lubang. Lalu apa penyebabnya terjadinya sinkhole?

Walaupun banyak sinkhole terjadi karena proses erosi bawah tanah, namun angka kejadian yang terus meningkat juga disebabkan karena aktivitas manusia.

Dikutip dari Daily Mail, Senin (23/5/2016), salah satu aktivitas yang berisiko memicu terjadinya sinkhole adalah pertambangan. Kegiatan tersebut dapat melemahkan dinding dan atap gua sehingga menyebabkan tanah di atasnya runtuh.

"Sinkhole disebabkan karena disolusi --larutnya-- batu seperti kapur," ujar Peter Hobbs dari British Geological Survey (BGS).

"Selain itu, sinkhole dapat disebabkan karena runtuhnya pertambangan. Perubahan water table --muka air tanah-- dapat mempengaruhi stabilitas rongga bawah tanah," jelasnya.

Berikut detik-detik sinkhole selebar 30 meter yang menelan 4 mobil dan 1 pohon di China.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.