Sukses

6 Benda 'Ajaib' yang Dibuang ke Dalam Kloset

Menurut petugas yang mengelola air limbah, mereka menemukan sejumlah benda tak wajar seperti sprei dan ponsel yang dibuang ke dalam toilet.

Liputan6.com, Sydney - Sebagian besar orang mungkin sering membuang beberapa benda ke dalam kloset, salah satunya adalah tisu. Hal tersebut tak menjadi masalah seandainya dapat larut dalam air, namun apa jadinya jika menyumbat?

Menurut keterangan perusahaan pemerintah New South Wales yang mengelola air buangan, Sydney Water, mereka menemukan banyak benda yang seharusnya tak dibuang ke dalam kloset.

Beberapa benda yang ditemukan di tempat pembuangan air limbah adalah seprai dan baju. Mereka pun merasa heran dengan perbuatan orang-orang tersebut.

"Seperti yang dikatakan komedian Kitty Flanagan pada ABC The Weekly, banyak orang menganggap kloset sebagai tempat sampah dengan air di dalamnya," ujar juru bicara Sydney Water, Peter Hadfield.

Dikutip dari News.com.au, Minggu (22/5/2016), berikut 6 benda 'ajaib' alias tak wajar yang dibuang ke kloset.

1. Hewan Peliharaan Kecil

Ikan mas yang ditemukan di pembuangan air limbah (Sydney Water)

Hal itu memang benar, orang-orang membuang ikan mas dan hewan kecil lainnya ke dalam kloset. Hadfield berkata bahwa binatang merupakan benda yang sering ditemukan di sistem air limbah.

Walaupun beberapa orang menganggap dengan membuang ikan ke dalam kloset dapat membuat hewan itu bebas, namun hal itu perlu berhenti dilakukan. Walaupun ikan mas tak berbahaya, namun mereka cukup mengancam di saluran air.

2. Baju dan Seprai

Ilustrasi celana jeans (Reuters)

Memang sulit untuk memahami mengapa benda tersebut dapat masuk ke saluran pembuangan, namun baju dan seprai benar-benar ditemukan.

North East Water di Victoria mengatakan, pegawainya sering menemukan pakaian dalam dan celana jeans. Tak hanya itu, mereka juga pernah mendapati seprai di tempat pembuangan limbah. Bagaimana hal itu bisa terjadi ya?

3. Puntung Rokok

Ilustrasi rokok

Banyak orang yang memilih untuk merokok di dalam toilet karena merasa tak mengganggu orang lain. Namun membuang puntung rokok ke dalam kloset merupakan hal yang sebaiknya tak dilakukan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ponsel Di Dalam Kloset

4. Lemak dan Minyak

Ilustrasi minyak bekas (opelandex.com).

Anda mungkin sering membuang lemak atau minyak tak terpakai ke dalam toilet karena takut menyebabkan saluran tempat mencuci piring tersumbat. Namun, hal tersebut juga berlaku pada saluran kloset.

Hadfield mengatan, lemak dan minyak jika tercampur dengan hal-hal yang tak boleh dibuang ke dalam kloset akan menciptakan gumpalan lemak yang menjijikkan.

5. Ponsel

Ilustrasi ponsel | Via: all-free-download.com

Mungkin hal tersebut tak begitu mengejutkan karena hampir sebagian besar orang gemar membawa ponsel ke kamar mandi. Tak jarang, benda tersebut jatuh ke dalam kloset.

Sydney Water beberapa kali menemukan berbagai merek ponsel di tempat pembuangan air limbah.

6. Tisu Basah

Sebanyak 75 persen sumbatan di saluran air diakibatkan karena menumpuknya tisu basah (Sydney Water).

Mungkin sebagain besar orang mengira, membuang tisu basah tak menyebabkan tersumbatnya saluran. Namun, anggapan itu ternyata salah.

Hadfield mengatakan, jika kita menyusun tisu basah yang ditemukan di tempat pembuangan air limbah, maka jaraknya akan sepanjang Sydney hingga Los Angeles.

"Sebanyak 500 ton tisu basah per tahun kami keluarkan dari sistem pembuangan," ujarnya.

Pria itu juga mengatakan bahwa tisu basah tak dapat dibuang ke dalam kloset. Sydney Water pun mengeluarkan hingga lebih dari 8 juta dolar Australia atau Rp 78,6 miliar per tahun untuk mengatasi hal tersebut.

Sebanyak 1 dari 4 orang di Sydney membuang tisu basah ke dalam kloset, dan 75 persen penyumbatan saluran pembuangan terjadi karena tersumbat oleh benda itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini