Sukses

Babi Aneh Berkelamin Ganda Menanti 'Operasi Plastik'

Sehabis operasi, si babi diramalkan tak bisa bereproduksi.

Liputan6.com, Brasil - Seekor anak babi terlahir dengan kelamin ganda di tubuhnya. Hal itu membuat pemiliknya mempertimbangkan untuk mengebiri atas saran dokter hewannya.

Babi hemafrodit atau memiliki dua kelamin itu lahir beberapa minggu lalu. Tak disangka ia memiliki buah zakar namun tak berpenis, juga memiliki vagina.

"Sungguh, selama 30 tahun menjadi peternak babi, aku tak pernah menemukan kasus seperti ini," kata Manoel Messias yang memiliki peternakan di Palmas, negara bagian Tocantins, Brasil utara seperti dilansir dari Daily Mail, Selasa, (5/4/2016).

 

"Tahun lalu, peternak lain pernah punya hewan sejenis, namun tak lama kemudian babi itu mati," lanjutnya lagi.

"Aku baru sadar tatkala si babi ini susah sekali berjalan. Nyaris ngesot, dan setelah melihat lebih dekat, aku kaget ternyata ia memiliki dua kelamin," terang Messias.

Messias memanggilnya Victory namun kadang Vicotoro.

"Tergantung perasaan ku hari itu, mau dipanggil apa," kata Messias sambil tertawa.

Menurut dokter hewan John Eduardo Pires, ini adalah fenomena langka, namun kerap terjadi pada babi.

"Tentu saja hemafrodit bukan hal umum pada hewan, tapi biasanya pada babi lebih sering ditemukan kasusnya dibanding spesies lainnya," ujar dokter hewan itu. Untuk kasus babi Vicotoro/Victory ia mengalami psudo-hermaphroditism di mana organ kelaminnya tak terbentuk sempurna.

Ia merekomendasikan Messias untuk melakukan operasi kelamin agar hewan itu bisa hidup lebih baik.

"Sekarang testikelnya terlalu besar sehingga ia tak bisa berjalan dengan baik. Kalau ia tak dioperasi kelamin ia tak bisa bermain dan tak bisa bergerak hingga dewasa," terang dokter Pires.

Kendati demikian, ia tak tahu apakah organ kelamin betinanya berkembang atau tidak sehingga kemungkinan besar ia tak bisa bereproduksi.

"Aku tak peduli Victory tak bisa punya bayi, yang penting ia bisa hidup lebih baik dan bermain dengan saudara-saudaranya. Itu cukup buatku," ujar peternak Messias.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.