Sukses

Hii... Ini Tempat di Kantor yang Mengandung Banyak Bakteri

Ternyata, tempat yang selama ini dianggap bersih mengandung banyak bakteri, salah satunya adalah meja kerja.

Liputan6.com, Sydney - Bagi pekerja kantoran, sudah pasti sebagian besar waktunya akan dihabiskan di tempat kerja. Mulai dari mengerjakan tugas dengan menggunakan komputer hingga makan pun kerap dilakukan di meja kerja.

Tak ayal meja kerja digunakan sebagai tempat untuk melakukan berbagai aktivitas.

Namun, hanya sebagian orang yang memperhatikan kebersihannya, misalnya saja dengan mengelap menggunakan cairan anti bakteri.

Baru-baru ini sebuah kantor berita online, news.com.au, diinspeksi oleh 'pemburu bakteri'. Dari hal tersebut diketahui banyak hal di tempat tersebut yang mengandung banyak bakteri, salah satunya meja kerja.

Salah satu pendiri perusahaan di bidang kebersihan bernama EarthEcco, Jake Tyson, yang mengunjungi kantor tersebut melihat seberapa bersih tempat itu menggunakan mesin pendeteksi bakteri.

Seperti yang dikutip dari news.com.au, Rabu (30/3/2016), tempat pertama yang diinspeksi adakah meja kerja dan keyboard komputer milik asisten tim. Secara mengejutkan di tempat itu terdapat 2.219 bakteri per sentimeter persegi.

Sebagai perbandingan, di gagang pintu toilet pria terdapat 2.284 bakteri. Hal tersebut menunjukkan bahwa tempat yang dikira bersih, ternyata menyimpan bakteri yang angkanya nyaris sama dengan toilet umum.

Ketika asisten tim itu membersihkan mejanya dengan tisu anti bakteri, angka di alat pendeteksi turun hingga 224.

Standarnya, jika suatu barang atau tempat tersebut bersih, maka alat pendeteksi hanya menunjukkan 10 dan 30 bakteri per sentimeter persegi.

Sementara di tempat lain, editor media sosial yang mengaku rajin membersihkan mejanya terkejut ketika melihat angka di pendeteksi bakteri mencapai 1.121.

Salah satu ponsel milik reporter juga dipindai menggunakan alat tersebut dan menunjukkan bahwa benda itu memiliki bakteri 1.160 per sentimeter persegi.

Dalam kondisi bersih, alat pendeteksi bakteri menunjukkan angka 10 hingga 30 (Foto: news.com.au).

Integrated Sales Executive juga kaget ketika mengetahui meja kerjanya lebih kotor dari gagang tempat sampah, yaitu dengan angka 1.458 berbanding 1.443. Padahal ia mengaku rutin membersihkannya seminggu sekali.

Yang lebih mengejutkan, salah seorang editor kanal teknologi yang tangannya dipindai menggunakan alat tersebut, menunjukkan angka sampai 3.305 bakteri per sentimeter persegi.

Tak cukup sampai di sana, hal paling kotor yang terdapat di kantor dengan angka hingga 7.637 bakteri per sentimeter persegi adalah kulkas.

Dengan fakta mencengangkan tersebut, rutin membersihkan benda-benda di kantor, seperti keyboard, meja kerja, hingga kulkas, sangat dianjurkan. Bagaimana dengan Anda?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.