Sukses

Bergegas Memadamkan Api, Petugas Mendapati Hidran Tersumbat Ikan

Hendak melakukan pemadaman kebakaran, petugas kebakaran mendapati sejumlah ikan menyumbat saluran air.

Liputan6.com, Annapolis Valley - Ketika menanggapi laporan pertama kebakaran semak pada musim ini, petugas pemadam kebakaran Nova Scotia, Kanada mendapati sesuatu yang mengherankan.

Ketika itu, petugas hendak mengisi truk pompa dengan air dari danau dekat lokasi kejadian di Aylesford Road melalui hidran, namun mereka menemukan saluran terhambat dan tidak mengeluarkan air.

“Kami kesulitan mendapatkan air dari hidran. Kemudian kami bongkar karena mengira ada paking yang hilang,” ungkap Shawn Carey, pimpinan Aylesford and District Volunteer Fire Department

Dikutip dari CBC NewsKamis (10/3/2016), apa yang mereka temukan sungguh di luar dugaan para petugas.

“Ketika membongkar hidran kami temukan sejumlah ikan terjebak di kisi-kisi. Saya tak tahu bagaimana mereka bisa masuk. Ikan-ikan sumbat pipa hingga air tak mengalir.”

“Ini menjadi yang pertama kali untuk kami semua. Ketika itu ada 4 atau 5 orang mengelilingi hidran dan sebagian sudah menjadi petugas pemadam kebakaran cukup lama, dan tak seorangpun pernah melihat hal seperti itu sebelumnya.”

“Saya pernah dengar ada sejumlah kantor pemadam kebakaran di daerah ini yang pernah bermasalah dengan salamander di dalam hidran, tapi belum pernah dengan ikan.”

Carey, memperkirakan ada sekitar belasan ikan tersedot dari dalam danau. Beberapa di antaranya masih hidup dan dikembalikan ke danau.

Petugas kemudian membalikkan arus air kemudian mengisi blangwir dan bergegas memadamkan kebakaran.

“Kami merasa heran dengan apa yang telah terjadi dan kami akan kembali ke sana untuk mencegah kejadian itu terulang lagi. Ada kisi-kisi pada bagian atas dan bawah saluran pipa, jadi kami harus mencari tahu bagaimana ikan-ikan itu bisa sampai ke sana,” kata Casey.

Ia juga menambahkan bahwa kejadian itu memang sempat membuat proses pemadaman lamban, tapi beruntung itu hanya kebakaran semak dan bukan kebakaran rumah atau bangunan warga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini