Sukses

Kala PM Ganteng Kanada Jadi 'Ayah' Panda

Dua ekor anak panda lucu dan menggemaskan lahir di Kebun Binatang Toronto, Kanada.

Liputan6.com, Kanada - Di habitat aslinya di Tiongkok, hewan yang tergolong mamalia ini hampir terancam punah. Karena itu, kelahiran bayi-bayi panda yang lucu adalah momen yang tak akan pernah dilewatkan dan paling ditunggu-tunggu.

Dan beberapa waktu lalu dua ekor anak panda menggemaskan lahir di Kebun Binatang Toronto, Kanada. Keduanya bahkan kedatangan pengunjung istimewa. 

Seperti dilansir dari Shanghaiist.com, Kamis (10/3/2016), pengunjung tersebut adalah perdana menteri (PM) ganteng Kanada, Justin Trudeau.

Kesempatan itu pun tak disia-siakannya. Pak PM seperti ayah bagi kedua bayi panda bernama Jia Panpan, yang artinya 'harapan Kanada' dan adiknya Jia Yueyue yang berarti 'sukacita Kanada'.

Ia lantas memeluk kedua panda itu dan berfoto bersama.

2 ekor anak panda lucu dan menggemaskan lahir di Kebun Binatang Toronto, Kanada.(Shanghaiist.com)

 

Panpan dan Yueyue lahir dari induk panda raksasa bernama Er Shun dan Da Mao. Panda betina dan jantan itu, seperti dilansir dari Thestar.com, dipinjamkan oleh pemerintah Tiongkok kepada Kebun Binatang Toronto sejak 2013 silam untuk mengingat jalinan kerja sama yang terus tumbuh di antara kedua negara.

Dan beberapa waktu lalu 2 ekor anak panda menggemaskan lahir di Kebun Binatang Toronto, Kanada. Keduanya bahkan kedatangan seorang pengunjung istimewa.(Shanghaiist.com)

"Panda adalah simbol perdamaian dan persahabatan. Mengingat hubungan diplomatik antara Kanada dan Tiongkok terus tumbuh hingga menginjak ulang tahun ke-45. Momen ini menjadi sebuah kebetulan yang indah," ucap Trudeau pada kesempatan bersejarah itu.

Trudeau juga menyatakan bahwa Kebun Binatang Toronto adalah contoh dari komitmen kuat Kanada untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dalam bidang konservasi, ekologi mutakhir yang berkelanjutan, serta keanekaragaman hayati.

Toronto Zoo mengungkapkan kedua nama bayi panda kembar itu pada Senin, 7 Februari dalam sebuah upacara yang dihadiri para petinggi dan beberapa pejabat di Kanada. Di antaranya turut hadir Ontario Premier Kathleen Wynne dan Wali Kota Toronto John Tory. 

Keduanya bahkan juga sempat memeluk kedua bayi panda bernama Jia Panpan dan Jia Yueyue ini. Melalui Twitter, baik Kathleen dan Jhon mengatakan kedua bayi asal Tiongkok itu begitu menggemaskan dan lucu.

"Sehat, berkembang, dan tentu saja, menggemaskan. Anaknya adalah bukti bahwa staf kebun binatang di sini sangat berdedikasi. Panda-panda ini bahkan dipantau 24 jam sehari, 7 hari seminggu hingga sampai di minggu terakhir saat sang induk akan melahirkan," demikian dilansir dari Ctvnews.ca.

Sementara itu, Wali Kota Toronto John Tory mengatakan bahwa kota ini telah jatuh cinta dengan anak panda raksasa.

"Kami telah mengikuti setiap langkah dalam kehidupan mereka yang singkat," katanya. "Apakah itu ketika membuka mata untuk pertama kali atau saat pertama kali berjalan. Itu semua membuat kita terpesona."

Dalam acara tersebut, Duta Besar Tiongkok untuk Kanada Luo Zhaohui juga mengatakan bahwa di seluruh dunia, populasi panda raksasa hanya tinggal 2.400 ekor. Baik itu yang hidup di alam liar dan di penangkaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini