Sukses

Pria 'Iron Man' di Dunia Nyata, Angkat Mobil 1.145 Kilogram

Seorang pemuda mendapatkan ilham pembuatan rangka luar tubuh (exoskeleton) untuk membantunya mengangkat benda-benda berat dengan mudah.

Liputan6.com, Toronto - James Hobson, seorang pemuda yang menyebut dirinya ‘Hacksmith’, menayangkan karya terbarunya, yaitu kerangka luar tubuh (exoskeleton) yang mampu membantunya mengangkat mobil mungil—sebuah Mini Cooper seberat 1.145 kilogram.

Dikutip dari Hackaday pada Rabu (27/1/2016), pemuda itu mengaku memang tergila-gila pada rangka luar tubuh dan ia membuat sistem itu di garasi rumahnya sendiri.

Kisah berawal pada Agustus 2014, Hobson membuat prototipe kerangka luar tubuh atas yang ternyata mampu membuatnya mengangkat benda seberat 77 kilogram. Percobaan itu ia tampilkan di dunia maya dan langsung mendapatkan tanggapan positif. 

Alat itu membuat Hobson mampu mengangkat benda berat dengan lengan dan kakinya. Namun, punggungnya tak perlu 'bekerja keras'. 

Sejak itu, insinyur mesin tersebut berupaya membuat sistem yang mencakup pendukung punggung supaya membebaskan punggungnya sendiri dari gangguan beban yang sedang diangkat.

Pada Natal lalu ia memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan penuh waktu dan meluangkan waktu menciptakan rangka luar yang lebih rumit. Pihak pembuat acara Galileo dari Jerman kemudian menghubunginya untuk tampil dalam acara mereka untuk mengangkat sebuah mobil.

Ia mulai mengerjakannya seminggu sebelum rekaman acara. Awalnya tersedia tabung pneumatik bergaristengah 63 mm dengan tekanan 125 PSI yang satu unitnya sanggup mengangkat hingga lebih dari dari 362 kilogram.

Karena pegangan tabungnya rumit, ia membuat sistemnya secara modular sehingga tabung-tabung itu bisa dipasang dan dilepas seperlunya. Kecerdasan rancangan berada pada kaki-kaki mekanik yang berada di belakang tabung-tabung, karena sambungannya dapat mengunci erat-erat. Sambungan-sambungan itulah yang menagalirkan beban berat menjauh dari tubuhnya.

Menurutnya, kemajuan teknologi baterai akan mengembangkan lebih jauh lagi potensi baju rangka luar sehingga terobosan-terobosan di masa depan dapat diraih secara lebih sederhana.

Dengan penggunaan roda-roda gigi, manusia dapat meraih kekuatan super yang dapat dipakai dalam konstruksi, bantuan bencana, militer dan sejumlah tugas lain yang dulunya tidak mungkin dilakukan dengan kekuatan tubuh manusia.

Nah, saksikan hasil karya yang mendapat ilham dari tayangan Elysium ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.