Sukses

Maskot Beruang Ganteng Bikin Wanita 'Rela Dimangsa'

Maskot promosi prefektur yang berbentuk beruang menghebohkan para kaum wanita Jepang karena dianggap ganteng.

Liputan6.com, Kagoshima - Inilah si beruang yang membuat kaum wanita berkata: "aku rela dimangsa!"

Maskot promosi Prefektur Kagoshima di Jepang ini memiliki kualitas yang membuatnya jadi idola kaum wanita. Berpakaian serba rapi, sekaligus memiliki karakteristik 'bad boy' dengan wajah garangnya.

Si 'beruang ganteng' pun membuat heboh netizen wanita Jepang si Twitter. Maskot modis ini mendapat julukan 'ikebear', plesetan dari kata 'ikemen', yang merupakan slang Jepang yang artinya 'pria ganteng'. Dibandingkan maskot sebelumnya yang memiliki kepala besar dan berpakaian longgar, si ikebear dianggap lebih menarik.

Si 'Ikebear'. (foto: Rocket News)

Namun, dari mana datangnya si ikebear?

Awalnya, adalah Greeboo, maskot babi hijau berdaun, yang merupakan maskot asli prefektur Kagoshima.

Greboo merupakan bintang dari Tales of Greboo, drama produksi Kagoshima. Drama penuh konflik ini menceritakan hidup di balik para maskot. Dalam serial 10 episode ini, diceritakan Greboo adalah pekerja di departemen turis Kagoshima. Kemudian datanglah Sakura, pekerja baru yang berharap bisa mencuri hatinya.

Dilaporkan Rocket News, Tales of Greboo diterima baik oleh kritik dan fans, dengan drama yang dianggap sungguh menarik, turut menampilkan kisah cinta segitiga bak sinetron sungguhan, dan kameo dari 83 maskot lainnya dari seluruh Jepang. Kesuksesan ini pun mengantarkan pada dibuatnya musim kedua dari kisah Greboo.

Greboo si babi hijau. (foto: Rocket News)

Kali ini, seri berganti dari kisah pemuda pekerja menjadi drama keluarga, berjudul Tales of the Greboo Family. Diceritakan di masa depan Greboo dan Sakura sudah menikah dan memiliki anak-anak. Namun, Greboo terlalu berfokus pada pekerjaannya, sehingga anak-anaknya mulai kesal dengannya dan keluarganya pun mulai kurang harmonis.

Kemudian, si ikebear pun datang, menjadi tokoh antagonis. Produser mengungkapkan nama asli si Ikebear adalah Black Bear--beruang hitam.

Alasan dipilihnya beruang, adalah karena beruang menjadi hewan yang disukai oleh rakyat Jepang. Ini terbukti dari ketertarikan Jepang terhadap Kumamon, maskot beruang hitam.

Karakter maskot, atau yang disebut 'yuru-chara' bukanlah perkara kecil di Jepang. Yuru-chara hampir selalu dilibatkan dalam promosi kegiatan, organisasi, bisnis, dan daerah.

Mereka adalah tokoh 'lucu' yang mewakilkan karakter dari lokasi atau organisasi yang mereka promosikan. Dikutip CNN, penjualan pernak-pernik dari maskot mencapai jumlah US$ 16 triliun di Jepang, berdasarkan statistik tahun 2012.

Domo-kun si maskot NHK. (foto: Cityhunter93.com)

Maskot yang menjadi idola, bahkan di luar Jepang antara lain Domo-kun, maskot NHK dan Kumamon, maskot Shinkansen (kereta peluru).*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.