Sukses

Lintasi Samudra, Pelampung Ini 'Berenang' Ribuan Kilometer

Sebuah pelampung yang ditemukan di Inggris ternyata berasal dari Florida yang berjarak ribuan kilometer.

Liputan6.com, Cornwall - Sebuah pelampung dari Manatee County di negara bagian Florida melakukan perjalanan yang sangat panjang hingga mencapai Inggris. Jessica Collins, warga kota Cornwall, mengatakan, “Aku membaca tulisan Manatee. Setahuku Manatee ada di Florida.”

Dikutip dari Bay News 9, Senin (28/12/2015), Jessica menemukan pelampung itu ketika sedang menyusuri pantai Poldhu di Inggris, yang berjarak sekitar 6.853 kilometer dari Manatee County di Florida!

Ia kemudian menghubungi Aedan Stockdale dari Manatee County Parks and Natural Resources yang kemudian memastikan bahwa pelampung itu memang berasal dari Florida bagian tenggara.

“Saya sungguh terkejut membayangkan perjalanan yang ditempuh dari pantai barat Florida sini hingga ke kawasan Keys lalu lanjut ke Inggris," ujar Stockdale.

Sebelum temuan ini, tempat terjauh yang ditempuh pelampung dari Manatee adalah di negara bagian Texas.

Ilustrasi tempat keberadaan pulau Anna Maria (Florida, AS) dan Cornwall (Inggris). (Sumber Google Maps)

Manajer Sumber Daya Kelautan Alan Lai Hipp mengatakan bahwa pelampung tersebut khas Manatee.

“Pelampung jenis ini memang suatu kali dipakai untuk menandai titik tengah suatu terumbu buatan di Manatee," kata Hipp.

Terumbu buatan itu berada sekitar Pulau Anna Maria di Florida, tapi pihak Manatee County tidak lagi menggunakan pelampung tersebut selama 10 tahun terakhir.

Di seberang sana, Jessica Collins berharap dapat memiliki pelampung itu.

“Kami bisa meletakkannya di gerbang masuk pantai atau untuk apalah. Tapi pelampung itu diselimuti teritip dan bisa mulai berbau kalau kita tidak segera melakukan sesuatu," harap Collins. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini