Sukses

Anak Harimau Putih Polos Langka Tampil di Kebun Binatang China

Sepasang anak harimau putih lahir di kebun binatang Qingdao. Salah satunya adalah varian harimau putih polos yang langka.

Liputan6.com, Qingdao - Kabar gembira datang dari kebun binatang Qingdao, Provinsi Shandong, Tiongkok. Sepasang anak harimau putih--salah satunya putih polos tanpa garis-garis--diharapkan akan tampil di publik untuk pertama kalinya pada liburan Festival Musim Semi bulan Februari mendatang si kebun binatang.

Induk kedua anak harimau dibawa ke Kebun Binatang Qingdao pada Mei 2012, dan melahirkan kedua anak pada usia 4 tahun, Juli 2015. Salah satunya varian langka yang memiliki bulu putih pucat tanpa garis-garis.

Kedua anak harimau dalam keadaan sehat dan menerima perawatan lengkap, menurut anggota staf kebun binatang.

"Kami mengatur shift untuk menjaga anak-anak harimau setiap jamnya, untuk memastikan mereka tumbuh sehat," ungkap Wang Xunhua, seorang penjaga kebun binatang pada China Daily, Kamis (24/12/2015).

"Kedua anak harimau nafsu makannya baik. Jika digabungkan, keduanya makan satu setengah kilogram daging dan 10 leher ayam per harinya."

Para harimau putih tinggal di lingkungan dengan pendingan ruangan (AC), temperaturnya dijaga 25 derajat celcius. Menurut Wang, kandang mereka secara rutin disterilkan.

Harimau putih merupakan varian harimau Bengal. Harimau salju-putih memiliki warna pucat atau tak memiliki garis-garis. Perbandingan kelahiran harimau salju putih adalah 1 dari 100.000. Saat ini, hanya tujuh harimau putih-salju di kebun binatang di seluruh China, dan sekitar 100 di seluruh dunia.

Harimau putih merupakan hewan langka di alam liar, dan mereka yang ada di penangkapan dikategorikan di China sebagai hewan kelas satu yang dilindungi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.