Sukses

Penampakan 'Salib Terbang' di Atas Ukraina, Penanda Perdamaian?

Sejumlah penampakan berpendar muncul di langit di atas beberapa wilayah konflik. Benarkah?

Liputan6.com, Mexico City - Sejumlah penampakan di atas wilayah konlfik terekam dalam video. Menurut laporan benda-benda berpendar yang tampak melayang itu berdenyut seperti benda hidup.

Namun, rekaman yang ditampilkan dalam sebuah acara paranormal di televisi Meksiko itu tidak langsung dipercaya begitu saja. Tuduhan hoax pun bertebaran.

Dikutip Daily Mail, Jumat (18/12/2015), benda tersebut melayang di atas wilayah konflik Ukraina, dekat lokasi tertembaknya pesawat Malaysian Airlines MH-17. Namun sejumlah orang meyakini penampakan itu adalah pesan perdamaian.

Pembawa acara paranormal Meksiko bernama Tercer Milenio mengawali acara dengan penampakan benda yang berbentuk seperti 'salib', terekam di atas Sebastopol, Krimea, pada Juli lalu.

“Kita bisa melihat dengan jelas sebuah salib mengambang naik-turun. Mengagumkan. Menurut saksi mata, salib tersebut terlihat hidup  dan berdenyut. Pemandangan yang menakjubkan, benda tersebut kemudian kembali naik hingga menghilang,” ungkapnya.

Benda berpendar di langit di atas wilayah konflik. (sumber Daily Mail)

Penampakan cahaya berbentuk salib juga terjadi pada Juni lalu di atas Kota Donetsk, salah satu wilayah yang menjadi pusat pertempuran perang saudara Ukraina.

Pembawa acara itu mengatakan, "Saksi di lokasi mengira yang dilihat adalah rudal atau meteorit. Apakah mungkin ini petanda lain di tengah-tengah pertikaian? Penampakan itu juga terlihat di dekat lokasi jatuhnya MH-17.”

Kemudian pembawa acara melanjutkan dengan sebuah foto yang dikirim oleh seseorang yang memperlihatkan wajah menyerupai Yesus dalam bentuk awan.

Penampakan awan yang menyerupasi wajah Yesus. (Daily Mail)

Pembawa acara mengatakan, "Sebagaimana halnya salib-salib di langit, ini mungkin sebagai petanda untuk perdamaian di kawasan itu."

Namun sejumlah pemirsa membantah tayangan itu sebagai pemalsuan digital. Kata Nelly Francisca Suarez Beltran, “Ini palsu! Palsu!”

Seorang lagi mengatakan, "Aku tidak melihat ada salib. Itu manusia bersayap."

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.