Sukses

Penampakan Cahaya Misterius di Langit Hawaii, UFO Joget?

Dalam video berdurasi 8 menit itu, terlihat ada 5 titik cahaya berkedip dan melesat seperti berjoget di langit.

Liputan6.com, Honolulu - Cahaya putih misterius yang bergerak-gerak di langit Honolulu, Hawaii menimbulkan tanda tanya besar, tentang apa sebenarnya itu. Penampakan semburat putih berbentuk seperti bola itu itu terjadi pada sore berawan.

Dalam video berdurasi 8 menit yang salah satunya dimuat di Daily Mail, Selasa (1/12/2015), terlihat ada 5 titik cahaya berkedip dan melesat seperti berjoget di langit. Beberapa menduga itu adalah penampakan UFO (unidentified flying object), namun tak ada yang bisa membuktikan kebenarannya.

Beberapa ahli menanggapinya dengan skeptis, tak percaya dengan penampakan objek asing itu.

Hanya ada sedikit informasi tentang video tersebut, tentang siapa yang merekam atau mengunggahnya.

Ben Hansen, seorang mantan penyelidik untuk Syfy Channel’s Fact or faked Paranormal Files mengatakan ada sejumlah masalah terkait kredibilitas klipnya.

Hansen menunjukkan beberapa masalah dalam videonya, seperti gerakan aneh bola dan fakta bahwa langitnya tampak bergerak sedangkan awannya diam.

"Fakta bahwa cahaya berkedip pada saat yang sama mungkin menunjukkan kemalasan pada editing," kata Hansen.

Menurutnya, hal itu dilakukan karena lebih mudah melakukannya tanpa ahli. "Mereka melakukan pekerjaan itu dengan baik...," ungkap dia.

Video penampakan diduga UFO yang keluar pada bulan Oktober oleh saluran oleh Earth & Space News itu juga pernah beredar pada akhir Juli lalu. Bedanya ketika itu lokasi kejadiannya disebut-sebut di Tokyo, Jepang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.