Sukses

Kisah 'Cinta' Wanita dan Berang-berang

Wanita baik hati tersebut, Mary Herbert awalnya tak punya rencana berkendara dari Ottawa ke Rosseau, Ontario demi berang-berang.

Liputan6.com, Ottawa - Demi rasa 'cinta' terhadap binatang khas Kanada, seorang wanita rela menempuh perjalanan 400 km ke tempat pengobatan.

Wanita baik hati tersebut, Mary Herbert awalnya tak punya rencana berkendara dari Ottawa ke Rosseau, Ontario. Mengetahui hewan itu butuh bantuan, ia lalu sukarela bersedia mengantarkan si berang-berang mencari tempat perawatan.

"Aku hanya merasa bisa menolong mereka," ungkap Herbert dikutip Metro News, Jumat (10/12/2015).

"Aku menemui suamiku dan mengatakan 'aku bisa melakukannya karena besok tak ada keperluan. Aku cinta binatang. Sangat menyenangkan mampu menolong hewan liar, itu kesempatan yang tak semua orang bisa mendapatkannya'," imbuhnya.

Herbert belum pernah menjadi volunteer di Rideau Valley Wildlife Sanctuary sebelumnya, namun ia mem-follow akun Facebook milik penangkaran, itulah bagaimana ia menemukan iklan mencari 'taksi berang-berang'.

Iklan permintaan mengantarkan si berang-berang disebarkan melalui media sosial, menghadirkan tagar #beavertaxi, dan menarik perhatian Herbert.

"Menyelamatkan nyawa seekor berang-berang adalah hal menakjubkan. Ada kolam berang-berang di tempat tinggalku, dan itu hanya sebagian dari kehidupan liar yang aku saksikan dan sukai. Hewan yang satu ini sepertinya yatim piatu dan perlu pertolongan," tutur Herbert.

Herbert membawa berang-berang dengan menggunakan peti kayu yang ditutupi selimut, diletakkan di kursi belakang mobil Herbert.

"Ia tak mengeluarkan bunyi apa-apa selama perjalanan," tutur Herbert.

Staf penangkaran memasang iklan untuk mencari sukarelawan yang bisa mengantarkan si berang-berang. (foto: Twitter/Rideau Wildlife)

Si hewan pengerat yang belum memiliki nama itu ditemukan pada Jumat 4 Desember di sebuah halaman rumah warga Ottawa. Lalu salah seorang di antaranya menghubungi tempat penangkaran.

"Ia ditemukan jauh dari air," jelas anggota dewan Heather Badenoch. "Ia kekurangan air, lesu, dan kebingungan."

Si berang-berang kemudian segera dihangatkan dan dirawat di penangkaran, namun menurut Badenoch, sikapnya tak kunjung menjadi normal. Sehingga, staf memutuskan untuk segera memindahkannya ke Aspen Valley Wildlife Sanctuary di Muskoka, daerah Utara dari Toronto, sehingga ia bisa diperiksa dokter hewan.

Jika diperlukan, hewan ini juga akan menghabiskan musim dingin di penangkaran Aspen, karena tempat itu memiliki penampungan air dalam ruangan.

"Kondisi si berang-berang membutuhkan penanganan lebih dari yang dimiliki fasilitas saat ini," ungkap Badenoch. "Jika ia sudah cukup stabil untuk dipindahkan, kami akan memasang iklan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.