Sukses

Marlon Brando Telah Tiada

Pemeran Don Corleone dalam film klasik The Godfather itu mengembuskan napas terakhir sekitar pukul 18.20 waktu setempat pada usia 80 tahun. Semasa hidup, Brando bermain di lebih dari 40 film.

Liputan6.com, Los Angeles: Aktor legendaris, Marlon Brando, meninggal dunia di sebuah rumah sakit di Los Angeles, Amerika Serikat, Jumat (2/7) pagi waktu Indonesia barat. Sang pemeran Don Corleone dalam film klasik The Godfather itu mengembuskan napas terakhir sekitar pukul 18.20 waktu setempat pada usia 80 tahun.

Brando lahir di Omaha, Nebraska, 3 April 1924. Anak pasangan seorang wiraniaga dan aktris amatir ini pernah bersekolah di Akademi Militer Shattuck di Minnesota, namun dikeluarkan. Lantas dia pergi ke New York dan belajar akting dari Stella Adler.

Pada masa awal kariernya, dia memainkan sejumlah film, seperti I Remember Mama, Truckline Cafe, Bernard Shaw`s Candida, dan A Flag Is Born. Publik mulai mengenalnya melalui perannya sebagai pria macho dalam A Streetcar Named Desire (1951), The Wild One (1953), On the Waterfront, dan makin berkibar lewat, tentu saja, The Godfather (1972). Dua film terakhir pula yang membuatnya meraih Piala Oscar.

Namun Brando menolak menerima Oscar yang kedua sebagai protes atas perlakuan pemerintah AS terhadap warga keturunan Indian. Semasa hidup, Brando sudah membintangi lebih dari 40 film. Beberapa di antaranya menetapkan Brando sebagai nomine, seperti Last Tango in Paris (1974), Sayonara (1957), Julius Caesar (1953), Viva Zapata! (1952), dan A Streetcar Named Desire.

Cobaan berat pernah menimpanya pada 1990-an saat Christian Brando, putra lelakinya dari perkawinan pertama, dijatuhi hukuman sepuluh tahun penjara. Christian terbukti membunuh kekasih saudari tirinya, Cheyenne--yang kemudian tewas bunuh diri pada 1995 di usia 25 tahun.(SID/Pin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini