Sukses

Di Inggris, Tangan Buatan Malah Diamputasi

Seorang pasien di Inggris memutuskan untuk mengamputasi tangan cangkokannya. Pasalnya, setelah operasi transplantasi itu, ia terserang komplikasi berbagai penyakit.

Liputan6.com, London: Clint Hallam kini sedang menyesali keputusan untuk operasi transplantasi tangan kanannya pada Oktober dua tahun silam. Pasalnya, kini dia tengah terjangkit berbagai penyakit lantaran komplikasi penggunaan tangan palsu. Warga Selandia Baru ini pun memutuskan untuk mengamputasi tangan tak asli itu.

Keputusan Hallam tersebut sangat disesalkan para dokter bedah. Sebab Hallam adalah pasien transplantasi pertama di dunia. Sementara enam orang pasien penerima cangkokan yang lain, sejauh ini belum menunjukkan tanda-tanda komplikasi serupa. Menurut para dokter pelaksana pencangkokan tangan Hallam, komplikasi itu disebabkan oleh keteledoran Hallam. Namun, Halam bersikukuh bahwa hanya beberapa hari berhenti minum obat khusus untuk tangannya lantaran sakit influenza.

Tangan asli Hallam telah terpotong gergaji dalam sebuah kecelakaan. Berkat jasa para medis, Hallam didaulat menerima transplantasi tangan palsu. Operasi itu sukses. Sebab satu bulan kemudian, dia berhasil menggerakkan jari-jari tangan palsu tadi.(ICH/Ula)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.