Sukses

Menang Pemilu Jerman, Merkel Bisa Kalahkan Margaret Thatcher

Kemenangan Merkel ini berpeluang memecahkan rekor apabila ia bisa menjalankan 4 tahun mandatnya secara penuh.

Angela Merkel kembali terpilih sebagai Kanselir Jerman. Partai Christian Democratic Union (CDU) yang dipimpinnya menang telak. Karenanya, Merkel menjadi kepala pemerintahan Jerman lagi untuk masa jabatan ketiga.

Kemenangan Merkel ini berpeluang memecahkan rekor apabila ia bisa menjalankan 4 tahun mandatnya secara penuh. Merkel akan menjadi perempuan paling berkuasa di Eropa dengan masa kepemimpinan selama 12 tahun sekaligus menggeser mantan Margaret Thatcher, wanita yang menjadi Perdana Menteri Inggris selama 11 tahun.

Dalam hasil pemilu parlemen yang diumumkan Minggu 22 September waktu setempat, Partai Merkel berhasil meraih 41,5% suara. Sementara partai saingan, Social Democrat Party (SPD) yang beraliran sosialis hanya mendapat 25,7% suara.

Partai lainnya, the Green Party memperoleh 8,4% suara, Left Party 8,6%, Liberal Free Democrats (FDP) 8,4%, Alternative Fuer Deutschland (AfD) 4,7%.

Walau menang telak, Merkel harus menggandeng partai lain untuk berkoalisi lantaranya suara yang didapat tidak mencapai suara mayoritas di parlemen.

"Ayo kita rayakan kemenangan fantastik ini," kata Merkel, seperti dimuat BBC, Senin (23/9/2013). "Tapi terlalu dini untuk membicarakan program apa yang akan kita lakukan."

Sejak masuk berkuasa, putri seorang pastor Protestan dari Jerman Timur berusia 59 tahun itu telah mengantarkan Jerman kepada pertumbuhan ekonomi mengesankan dan meledaknya pasar lapangan kerja.

Kepemimpinannya yang hati-hati dikritik di luar Jerman namun dipuji di dalam negeri yang menyebutnya dengan "Mutti" atau "Mami". (Riz/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.