Sukses

Suku Munda Penggemar Semut Tentara

Penduduk suku Munda di India biasa menyantap semut tentara hidup-hidup atau dipanggang terlebih dahulu. Anak kecil dan bayi pun gemar memakan semut yang telah digiling menjadi bubur.

Liputan6.com, India: Semut rang-rang atau lebih dikenal dengan semut tentara (soldier ant) terkenal bisa mematikan mahluk hidup lain. Selain gigitan yang menyakitkan, semut itu bisa menyerang secara serentak. Anehnya, Suku Munda yang hidup di Bastar, sebelah timur Chattisgarh, India justru suka memakan semut tentara. Tak hanya orang dewasa, anak kecil dan bayi berumur di bawah lima tahun juga menggemarinya.

Menurut mereka, semut tentara bisa membantu memperlancar sistem pencernaan dan menyembuhkan penyakit tenggorokan. Para penduduk mencari semut dan telurnya di pepohonan. Mereka kemudian menyantapnya hidup-hidup tanpa dimasak atau dipanggang. Sejumlah warga malah membuka toko khusus perdagangan semut di desa itu. Soalnya, permintaan akan semut olahan makin meningkat. India memang terkenal sebagai satu dari lokasi semut terbesar atau tujuh persen dari 1 miliar populasi semut di dunia.(KEN/Sella Wangkar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini