Sukses

Unjuk Kekuatan, Juara Angkat Beban Rusia Tarik Kapal 10.500 Ton

Pria asal Rusia ini menarik kapal dengan berat berton-ton menggunakan tubuhnya, tanpa bantuan alat apapun.

Liputan6.com, Moskow - Juara angkat beban dari Timur Jauh Rusia, Ivan Savkin, menarik kapal Sergei Gavrilov dengan berat sekitar 10.500 ton di perairan pantai Vladivostok.

Kamchatka Sea Shipping Company melaporkan upaya pemecahan rekor tersebut. Savkin menderek kapal sepanjang 130 meter itu sejauh dua meter dengan hanya menggunakan kedua kakinya sendiri, seperti dikutip dari RBTH Indonesia, Selasa (20/3/2018).

Ini bukan pertama kalinya ia menunjukkan kekuatan fisiknya yang luar biasa. Ia pernah menarik sebuah kapal seberat 7.100 ton, tank T-34, jet tempur Sukhoi Su-27, mesin derek, dan banyak lainnya.

Selain Ivan Savkin, orang terkuat Rusia yang lainnya Elbrus Nigmatullin -- yang dijuluki Herkules, tak pernah berhenti membuat para penonton Rusia terkesima dengan aksi-aksi spektakulernya.

Pada 3 Maret 2016, pria berusia 41 tahun asal Chelyabinsk ini (sekitar 1.500 di sebelah timur Moskow) hendak mengulang kesukesan yang dicapai oleh ahli akrobat legendaris Rusia dari abad ke-19, Alexander Zass (dikenal sebagai Samson), yang menarik dua ekor kuda ke arah berlawanan dengan dua tangannya.

Namun, aksi Zass hanya bisa dilihat dalam foto hitam-putih, sedangkan aksi Herkules modern Rusia bisa dengan mudah Anda saksikan di situs berbagi video.

"Aksi yang dipamerkan sebagai penghormatan bagi pria-pria kuat Rusia pada abad ke-19 ini merupakan upaya untuk membangkitkan pencapaian atlet-atlet legendaris di masa lalu yang telah terlupakan. Selama lebih dari satu abad, tak ada atlet di dunia yang berani mengulang aksi menantang yang berbahaya ini," kata Nigmatullin pada RIA Novosti.

Menurut sang atlet, ia tak menggunakan kuda untuk latihan.

"Saya menggunakan tiang gawang sepak bola biasa, tiang paralel, dan palang sebagai perangkat latihan. Saya juga menggunakan barbel dan dumbel di tempat latihan," ucap Nigmatullin, seperti dikutip Rossiyskaya Gazeta.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.