Sukses

Unik, Bocah Ini Punya Tanda Lahir Berupa Rambut Putih Mirip Uban

Bocah ini menjadi salah satu dari sekitar 40 orang di keluarganya yang mendapat warisan tanda lahir langka berupa rambut yang memutih sebagian.

Liputan6.com, Atlanta - Seorang bocah laki-laki di Amerika Serikat ini punya tanda lahir yang unik. Bukan tahi lalat atau semacam pigmentasi, melainkan sebagian rambutnya yang memutih, letaknya tepat di bagian depan kepala. 

Kondisi itu menjadikannya salah satu dari sekitar 40 orang di keluarganya yang mendapat warisan tanda lahir langka tersebut.

Adalah Josiah Barnes, bocah berusia dua tahun pemilik tanda lahir unik itu. Helaian putih di tengah rambutnya yang keriting megar menarik perhatian banyak orang. 

Karena ibunya, Latrece Barnes juga memiliki tanda serupa, sejumlah orang bertanya-tanya, jangan-jangan, perempuan itu sengaja mewarnai rambut sang anak.

Seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (15/3/2018), apa yang dialami oleh Josiah dan keluarganya dikenal dengan Mallen Streak. Kondisi tersebut diakibatkan oleh poliosis, yang ditandai dengan kurangnya pigmen pada rambut.

Latrece mengatakan bahwa nenek buyut Josiah juga memiliki tanda lahir yang sama. Pun dengan sekitar 40 kerabatnya termasuk bibi, paman, sepupu, saudara kembarnya, dan putrinya Ra'Nyah Shy.

Menurut keluarganya, rambut yang memutih itu adalah ciri turun-temurun yang konon disebabkan oleh 'ciuman dari malaikat' dan membawa keberuntungan.

Latrece yang tinggal bersama suaminya Jacqua Barnes, di Atlanta, Georgia, sadar betul tanda lahir  yang mereka miliki sangat unik.

"Dulu saya harus menutupi bercak putih di rambut Josiah saat keluar rumah, karena akan menarik perhatian banyak orang. Sehingga kami tidak bisa berbelanja atau menyelesaikan sesuatu dengan baik," katanya.

"Saya bertemu dengan orang-orang lain di Georgia yang memilikinya, tapi sembilan dari sepuluh di antaranya, tak memiliki hubungan saudara. Tapi hal itu terjadi di keluargaku. Kami tidak tahu dari mana asalnya, tapi nenekku memilikinya seperti halnya kakek dan neneknya."

"Putriku memiliki lima helai rambut putih dan punyaku berukuran sekitar setengah dari ukuran Josiah. Sebagian besar dari kami memilikinya di area dahi dan lainnya di bagian atas kepala tengah," kata dia. "Mirip istri Frankenstein."

 

 

Saksikan juga video berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dokter Pun Bingung

Awalnya, dokter bingung dengan tanda lahir Josiah.  "Mereka menjalankan tes untuk memastikan itu bukan penyakit kulit dan hasilnya terbukti bukan," kata Latrece.

Josiah merupakan generasi kelima keluarganya yang mewarisi tanda lahir langka tersebut.

Beberapa dari mereka yang berada di keluarga yang mewarisi bercak itu juga ada yang mirip kelainan vitiligo di lutut.

"Itu tergantung di mana para malaikat ingin menciummu," jelas Latrece.

"Banyak orang mengatakan ini adalah keberuntungan yang bagus atau anak-anak kita telah disentuh oleh seorang malaikat."

"Ketika Josiah lahir, saya harus menjalani operasi C-section sehingga saya tidak dapat segera melihatnya, tapi saya mendengar perawat berkata, "Dia memiliki tanda..."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.