Sukses

5 Wanita Ini Masuk Daftar Miliarder Dunia, Mayoritas dari China

Berikut 5 wanita yang mendominasi daftar miliarder dunia, sebagian besar berasal dari China.

Liputan6.com, Beijing - Selama delapan tahun, China mendominasi daftar miliarder wanita dengan menduduki posisi empat teratas secara global, menurut versi penerbit Hurun.

Hurun melaporkan, tahun ini ada 2.694 miliarder di dunia, naik sebanyak 437 dibandingkan tahun lalu.

"Sebuah 'ledakan' di China, dolar yang melemah dan kenaikan 26% di Nasdaq menyebabkan lonjakan miliarder terjadi di seluruh dunia," kata Rupert Hoogewerf, Pemimpin redaksi Hurun, seperti dikutip dari Sputnik, Kamis 8 Maret 2018.

Hurun menyebut, empat dari 10 wanita terkaya di dunia berasal dari China, sedangkan 28 dari 50 wanita masuk dalam daftar tersebut.

Sebanyak 15% wanita masuk dalam Global Rich List 2018, atau 32 wanita dari 184 miliarder. Berikut nama-nama miliarder wanita versi Hurun, seperti dilansir BBC, Kamis 8 Maret 2018.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Zhou Qunfei

Zhou Qunfei, pemilik dan pendiri perusahaan pembuat layar laptop dan ponsel pintar (smartphone), Lens Technology, adalah wanita terkaya di dunia. Perusahaannya punya kontrak senilai  US$ 9,8 miliar dengan Apple dan Samsung, pelanggan utamanya.

Zhou, yang berasal dari keluarga pas-pasan, juga muncul dalam daftar World's Billionaires versi Forbes yang dirilis awal pekan ini.

Forbes menempatkannya sebagai wanita terkaya ke-16 di dunia.

Sedangkan total kekayaan pribadi yang dimilikinya sekarang ialah US$7,8 miliar, belum termasuk tambahan dari kontrak dengan dua perusahaan ternama tersebut.

3 dari 6 halaman

2. Wu Yajun

Pengembang properti ini didapuk menjadi miliarder wanita dunia. Wu Yajun, namanya, berasal dari Kota Chongqing barat.

Posisinya bergeser ke urutan kedua, setelah tahun lalu bertengger di urutan pertama. Total kekayaannya berjumlah US$ 9,3 miliar.

Dia juga masuk dalam daftar Forbes dan mengalahkan pengembang properti lainnya, Chen Lihua, yang bergeser ke posisi ketiga dengan kekayaan senilai US$ 8,1 miliar. Lihua, yang lahir di Beijing, menendalikan perusahaan investasi Fu Wah dan menikah dengan bintang TV China, Chi Zhongrui.

 

4 dari 6 halaman

3. Diane Hendricks

Wanita terkaya lainnya berasal dari Amerika Serikat, yaitu Diane Hendricks, salah satu pendiri ABC Supply yang berbasis di Wisconsin.

Perusahaannya merupakan salah satu distributor atap dan jendela rumah terbesar di Negeri Paman Sam.

5 dari 6 halaman

4. Nguyen Thi Phuong Thao

Sementara itu, pendatang baru juga turut mewarnai daftar wanita-wanita terkaya di dunia. Kali ini, berasal dari Vietnam.

Dia adalah kepala eksekutif perusahaan penerbangan VietJet, Nguyen Thi Phuong Thao.

Harun mencatat, kekayaan yang dimilikinya sebesar US$ 2,8 miliar.

6 dari 6 halaman

5. Kiran Mazumdar-Shaw

Di India hanya ada satu wanita yang masuk dalam daftar tersebut, Kiran Mazumdar-Shaw. Dia adalah pengelola perusahaan farmasi terkemuka, Biocon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

  • Wanita