Sukses

Llama Mulai Dikembangkan di Inggris

Seorang peternak Inggris berhasil mengembangbiakkan llama. Satwa asal Amerika Selatan itu kini menjadi pemandu wisata bagi turis yang ingin melancong ke pesisir selatan Inggris.

Liputan6.com, Stockleigh: Ada pemandangan menarik di Perbukitan Stockleigh, Inggris. Seorang peternak di kawasan itu, Paul Rose, berhasil mengembangbiakkan llama dan memenuhi padang rumput di Stockleigh dengan satwa yang terkenal sebagai sepupu unta itu. Padahal, biasanya llama hanya hidup di Perbukitan Andes, Peru, Amerika Selatan. Menurut Rose, sebenarnya ia sudah berternak llama sejak pertengahan 1980-an. Namun, baru empat tahun belakangan, termasuk baru-baru ini, dia giat memperkenalkan llama ke dunia peternakan Inggris. Bahkan, "kampanye" perkenalan llama terus ia lakukan sampai ke padang rumput di kawasan Cotswolds dan Devon.

Rose mengungkapkan, sebetulnya tak sulit memelihara llama. Asal dapat beradaptasi dengan lingkungan baru, llama pasti dapat hidup dan berkembang biak. Selain itu, llama harus hidup dengan kondisi alam yang tak jauh berbeda dengan lingkungan asalnya di Amerika Selatan. Sebab, pada dasarnya, hewan ini memerlukan iklim pegunungan yang alami.

Llama juga memiliki keistimewaan untuk dipelihara. Selain tak memerlukan perlindungan khusus, satwa ini juga dikenal sangat suka bekerja keras. Bahkan, daya tahan tubuhnya sangat kuat dan jarang terserang penyakit. Soal makanan, llama bukanlah binatang yang rewel. Seorang peternak cukup memberikan rumput dan air.

Keistimewaan lain llama adalah dapat berfungsi sebagai hewan penjaga untuk melindungi biri-biri dan unggas dari serigala. Menariknya, llama juga bisa berfungsi sebagai hewan wisata yang dapat membawa wisatawan berjalan-jalan di pesisir selatan. Pokoknya, kata Rose, berternak llama sangat menguntungkan, khususnya di bidang agrikultur dan wisata.(ULF/Nlg)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini