Sukses

Hijau, Hitam, Putih... 5 Warna Tinja dan Makna untuk Kesehatan Anda

Dari berbagai contoh, berikut 5 warna tinja dan maknanya bagi kesehatan Anda

Liputan6.com, Jakarta - Warna tinja saat Anda buang air besar (BAB) bisa menjadi salah satu gambaran kesehatan seseorang.

Tapi, tak perlu terlampau khawatir, karena, memiliki warna tinja yang lain dari cokelat mungkin hanya dipengaruhi oleh pola diet dan konsumsi yang berbeda dari yang biasa Anda lakukan.

Misalnya, orang yang terlalu banyak memakan Buah Naga merah akan memiliki warna tinja yang sama dengan buah yang dikonsumsi -- merah funky seperti Buah Naga.

Namun, jika tak ada perbedaan pola diet dan tinja Anda tetap berwarna funky, mungkin ada sesuatu yang salah pada kondisi kesehatan Anda -- dan baiknya segera periksakan ke dokter.

Dari berbagai contoh, berikut 5 warna tinja dan maknanya bagi kesehatan Anda, seperti Liputan6.com kutip dari Asia One (25/2/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kekuningan

Memiliki tinja kekuningan menunjukkan bahwa mungkin ada terlalu banyak lemak dalam makanan Anda dan tubuh Anda tidak dapat mencerna makanan sepenuhnya.

Alasan lain yang mungkin adalah bahwa Anda menderita penyakit celiac. Penyakit celiac terjadi ketika tubuh memiliki masalah dalam mencerna gluten, protein yang ditemukan dalam biji-bijian seperti gandum dan jelai. Hasil gluten yang tidak tercerna menghasilkan kotoran berwarna kuning dan berminyak.

Jika sering, segera minta saran dokter.

3 dari 6 halaman

2. Kehijauan

Memiliki tinja berwarna kehijauan memiliki dua kemungkinan. Pertama, empedu Anda tidak memiliki waktu untuk memecahnya dan makanan melewati usus dan usus besar terlalu cepat.

Kemungkinan kedua, Anda mungkin terlalu banyak mengonsumsi makanan mengandung klorofil yang banyak terkandung dalam sayuran, suplemen zat besi dan pewarna makanan.

Selain itu, jika Anda sedang mengonsumsi anibiotik, hal itu bisa menjadi alasan yang menyebabkan warna tinja menjadi kehijauan.

4 dari 6 halaman

3. Kehitaman

Jika Anda memperhatikan bahwa tinja Anda memiliki warna yang sangat gelap atau hitam, sebaiknya segera periksa ke dokter.Kemungkinan penyebabnya adalah pendarahan di saluran pencernaan bagian atas, yang meliputi daerah antara kerongkongan, lambung, atau usus kecil.

Penyebab lainnya bisa jadi akumulasi darah yang terkumpul. Namun dalam beberapa kasus, itu terjadi karena asupan obat tertentu, seperti zat besi.

5 dari 6 halaman

4. Kemerahan

Secara umum warna merah pekat pada tinja mengindikasikan pendarahan internal pada borok, varises atau gastritis. Hal ini bisa terjadi di kerongkongan, perut atau bahkan usus kecil.

Namun dalam beberapa kasus, hal ini terjadi hanya karena terlalu banyak makan makanan tertentu, seperti tomat, bit, blueberry atau seperti yang telah disebutkan di atas; buah naga yang merah funky.

6 dari 6 halaman

5. Keputihan

Kotoran berwarna keputihan tidak normal dalam kondisi apapun. Mungkin Anda memiliki masalah dengan hati atau kantong empedu.

Selain itu, tinja berwarna putih bisa menunjukkan gejala hepatitis atau sirosis.

Itu juga menjadi pertanda bahwa tubuh Anda tidak menghasilkan cukup empedu, cairan yang membantu mencerna makanan Anda dan membuat kotoran Anda menjadi coklat tua.

(Disclaimer editorial: Isi artikel ini hanya informasi umum dan bukan untuk digunakan sebagai rujukan medis)

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.