Sukses

Video Viral Gadis Muslim Berhijab di Tim Barongsai

Video berdurasi sekitar lima menit tentang Maryam, gadis muslim berhijab di tim tari barongsai ini menjadi viral.

Liputan6.com, Petailing Jaya - Meskipun mendapat tentangan dari keluarga dan teman-temannya, seorang gadis Muslim berbahasa Mandarin ini bersikeras untuk bergabung dengan rombongan Lion Dance atau tarian barongsai.

"Teman dan kerabat menganggap bahwa sebagai seorang Muslim tak benar bergabung dengan rombongan tari barongsai itu. Tapi aku ikut dengan kelompok tari barongsai untuk olahraga," kata Mariam Abdul Nazar dalam video yang juga dimuat Asia One dan dikutip Selasa (20/2/2018).

Video berdurasi sekitar lima menit tentang Maryam, si gadis Muslim dan berhijab itu kemudian menjadi viral.

Dalam rekamannya, terlihat perempuan berusia 21 tahun itu tengah berbicara bahasa Mandarin, sambil mengatakan bahwa dia harus menjelaskan kepada teman dan kerabatnya bahwa rombongan tari barongsai yang diikutinya tampil dan berpartisipasi untuk sebuah kompetisi.

Dia menambahkan bahwa setelah mereka tahu alasan untuk ikut lomba, barulah teman dan keluarga mengerti keinginannya untuk menjadi bagian dari tim barongsai tersebut.

Mariam juga mengatakan bahwa ia telah menjadi pemain drum dalam rombongan tari barongsai itu selama delapan tahun terakhir, selain belajar bahasa Mandarin.

"Ini adalah bagian dari alasan mengapa bahasa Mandarin saya bagusa. Saya berlatih di sini dan bisa berkomunikasi," ujar Mariam.

Mariam menambahkan bahwa ia bergabung dengan rombongan tersebut karena ia menyukai bunyi yang ditimbulkan saat tarian barongsai tampil.

"Ini hebat, terlihat keren dan memiliki pola," tutur Mariam dengan antusias, seraya menambahkan bahwa bermain drum dengan rombongan itu membuatnya bahagia dan menjadi pelepas stresnya.

Dia juga mengatakan bahwa saat pertama kali bermain drum mengiringi barongsai, rasanya takut dan gugup. Takut melakukan kesalahan.

Tapi kini, gadis Muslim itu tumbuh lebih percaya diri.

Sebagai Muslim keturunan Malaysia dan setengah India, Marian mengaku bahwa khalayak terutama orang Tionghoa akan terkejut setiap kali dia tampil di depan umum.

Tapi mereka akan memuji kemampuan drumnya setelah tampil. "Saya merasa bangga dan senang menjadi orang Malaysia," tambah Mariam.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menarik Perhatian

Video aksi Mariam juga menarik perhatian aktivis sosial Datin Paduka Marina Mahathir, komedian Harith Iskander dan netizen.

Marina bahkan telah berbagi video yang sudah dilihat lebih dari 14.000 kali dan dibagikan ulang 294 kali di halaman Facebook pada Sabtu 17 Februari.

Aktivis sosial tersebut menyebut video tersebut "sangat keren".

Sementara komedia Harith yang membagikan postingan Marina, mengatakan bahwa aksi Mariam "benar-benar menakjubkan!"

Harith yang membagikan video aksi Mariam di halaman Facebook pribadinya, menyebut "benar-benar brilian! Orang Malaysia adalah orang yang hebat".

Lainnya, pengguna Facebook Priya Supra Sanbakam mengatakan keterlibatan Mariam dengan rombongan tarian singa adalah "semangat keren orang Malaysia".

Sedangkan Chin Hock Ooi berkomentar bahwa kebaikan dan cinta sejati adalah tindakan untuk memberikan yang terbaik kepada orang lain terlepas dari ras, agama, politik atau status.

"Hari-hari baik akan datang dan mari terus menikmati banyak versi perayaan, budaya dan agama," tambah Chin.

Video tersebut merupakan satu dari lima di "Urban Tales KL", sebuah serial mini dokumentasi oleh China Daily yang bekerja sama dengan The Star.

Serial yang direkam pada November 2017 ini menampilkan individu unik di wilayah Kuala Lumpur.

Berikut ini rekamannya:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.