Sukses

Kebakaran Landa Wihara Bersejarah Berusia 1.000 Tahun di Tibet

Salah satu tempat suci terpenting dalam Buddhisme Tibet, Vihara Jokhang di Lhasa mengalami kebakaran.

Liputan6.com, Lhasa - Salah satu tempat suci terpenting dalam Buddhisme Tibet, Wihara Jokhang di Lhasa mengalami kebakaran. Media Pemerintah Negeri Tirai Bambu mengatakan, kebakaran mulai terjadi pada Sabtu, 17 Februari malam dan segera dipadamkan.

Video yang beredar di media sosial memperlihatkan api berkobar dari atap wihara di Tibet itu. Hingga kini, tidak ada laporan jatuhnya korban dalam insiden tersebut.

Dikutip dari BBC, Senin (19/2/2018), tingkat kerusakan bangunan belum diketahui dengan jelas. Namun, media pemerintah melaporkan tidak ada kerusakan dari benda-benda bersejarah.

Jalan-jalan di dekat wihara dilaporkan telah dibuka kembali untuk para peziarah pada Minggu, 18 Februari pagi.

Kebakaran tersebut di tengah perayaan Losar, tahun baru tradisional warga Tibet, yang dimulai pada Jumat, 16 Februari 2018.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tempat Suci

Seorang penulis Tibet, Tdering Woeser mengayakan bahwa ia sangat khawatir dengan kondisi wihara tersebut.

"Warga Tibet menganggap Lhasa sebagai tempat suci, tapi Jokhang adalah tempat suci di tempat suci itu -- yang paling suci di seluruh Tibet," ujar Woeser.

"Tak peduli di mana mereka berada, seluruh orang Tibet berharap dapat datang ke Lhasa dan berdoa di Jokhang, ini adalah sebuah keinginan seumur hidup. Banyak yang ziarah ke Lhasa untuk mengunjungi wihara tersebut," imbuh dia.

Wihara Jokhang merupakan tempat ibadah yang berusia lebih dari 1.000 tahun dan terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.