Sukses

Ceburkan Diri ke Danau Beku, Vladimir Putin Jalani Ritual

Presiden Rusia Vladimir Putin melaksanakan ritual keagamaan tahunan dengan menceburkan diri ke air es. Seperti apa prosesinya?

Liputan6.com, Moskow - Di tengah musim dingin, Presiden Rusia Vladimir Putin justru menceburkan diri ke danau beku. Bukan lantaran nekat, ia melakukannya terkait perayaan tradisional Epiphany.

Pembaptisan tahunan ini adalah tradisi turun temurun yang biasa dilakukan oleh Gereja Orthodok Rusia.

Dalam video yang diunggah di sejumlah media lokal, terlihat dua orang pendeta Rusia sedang mendoakan sepetak kolam kecil, di tengah danau beku, yang digunakan sebagai tempat upacara itu.

Lalu munculah Vladimir Putin dari dalam sebuah tenda yang disiapkan khusus untuk pemimpin Negeri Beruang Merah.

Presiden Rusia Vladimir Putin bersalaman dengan Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi di Moskow, Rusia, Rabu 26 Agustus 2015. (AP/Al Arabiya)

Ia berjalan menuju kolam dengan mengenakan baju hangat tebal berwarna krem, berbulu di bagian leher dan kedua pergelangan tangan, serta memakai sepatu khusus musim dingin miliknya, dengan tinggi di bawah lutut.

Kehadirannya diiringi oleh nyanyian para pendeta Gereja Ortodoks.

Sebelum memasuki kolam, Putin sempat didoakan oleh seorang pendeta senior yang berbaju serba hitam.

Setelahnya, ia menanggalkan mantelnya.

Dengan bertelanjang dada, ia memberanikan diri masuk ke kolam suci tersebut, berjalan dengan kedinginan menuruni set tangga kayu di kolam sembari berdoa.

Presiden Rusia Vladimir Putin berendam di air dingin di Danau Seliger di desa Svetlitsa, Rusia (19/1). Ribuan pengikut Gereja Ortodoks Rusia akan berendam ke sungai dan kolam es merayakan Epiphany. (Alexei Druzhinin, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)

Vladimir Putin lalu menenggelamkan diri beberapa detik dengan menutup hidungnya. Setelah selesai melakukan prosesi itu, ia berjalan keluar dari dalam air dan menggigil.

Presiden Rusia Vladimir Putin berendam di air dingin di Danau Seliger di desa Svetlitsa, Rusia (19/1). Ribuan pengikut Gereja Ortodoks Rusia akan berendam ke sungai dan kolam es merayakan Epiphany. (Alexei Druzhinin, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)

Ketika ditanya oleh para wartawan, apakah suhunya terlalu dingin, Putin menjawab: "Tidak, bagus sekali," seperti dilansir Rusia Today, Jumat (19/1/2018).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rutin Jalani Ritual Epiphany?

Perayaan Epiphany dilakukan di Danau Seliger, di utara Moskow, Rusia, untuk memperingati pembaptisan Kristus di Sungai Yordan lebih dari dua ribu tahun lalu.

Secara tradisional, mandi di sungai dan kolam es dilaksanakan pada malam hari pada tanggal 18 hingga 19 Januari.

Cuaca untuk Epiphany tahun ini lebih ringan dari biasanya. Suhu di dekat Danau Seliger tercatat 6 atau 7 derajat Celcius.

Juru bicara presiden, Dmitry Peskov, menegaskan kepada awak media bahwa Vladimir Putin rutin mengikuti ritual Kristen Orthodoks tersebut akhir-akhir ini, namun Putin tidak pernah mempublikasikannya.

Dalam tradisi Orthodoks, air yang diberkati oleh seorang pendeta dalam perayaan Epiphany dianggap suci dan murni.

Orang-orang Rusia percaya air yang didoakan itu punya kekuatan untuk menyembuhkan segala macam penyakit.

Pihak berwenang mendirikan situs pemandian suci yang bisa menampung hingga dua juta orang dari seantero Rusia, termasuk bagian Siberia dimana suhu pada bulan Januari mencapai minus 30 derajat Celcius atau bahkan lebih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini