Sukses

Bus di Kazakhstan Terbakar Hebat, 52 Orang Tewas

Sebanyak 52 orang tewas setelah bus yang mereka tumpangi terbakar di Kazakhstan barat laut pada 18 Januari 2018.

Liputan6.com, Astana - Sebanyak 52 orang tewas setelah bus yang mereka tumpangi terbakar di Kazakhstan barat laut, demikian menurut keterangan kementerian dalam negeri negara tersebut.

Menurut sejumlah laporan, sebanyak lima penumpang berhasil selamat setelah melarikan diri dari bus. Kelimanya pun langsung ditangani oleh petugas medis di tempat kejadian.

Dikutip dari BBC, Jumat (19/1/2018), peristiwa itu terjadi pada pukul 10.30 waktu setempat pada Kamis, 18 Januari 2018, di Distrik Irgiz, Aktobe, Kazakhstan.

Berdasarkan laporan media lokal, bus itu diperkirakan sedang membawa warga Uzbekistan menuju atau dari Rusia di sepanjang rute Samara-Shymkent.

Menurut para pengamat, rute sepanjang 2.200 km yang melewati Kazakhstan itu sering digunakan oleh buruh migran Uzbekistan menuju lokasi konstruksi di Rusia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyebab Kebakaran Belum Diketahui

Kementerian Layanan Darurat mengatakan, bus tersebut mengangkut 55 penumpang dan dua sopir. "Lima penumpang mendapat perawatan medis. Sisanya tewas," ujar kementerian tersebut dalam sebuah pernyataan.

Pejabat kementerian, Ruslan Imankulov, menyebut para penumpang merupakan warga Uzbekistan dan kendaraan yang mereka gunakan terdaftar di Kazakhstan.

Ia mengatakan, api menyebar sangat cepat di bus Setra itu. Hingga kini masih belum jelas apa penyebab kebakaran.

Pejabat petugas darurat telah membuka layanan hotline bagi para kerabat korban.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini