Sukses

Siapa Sangka, 5 Aturan Ini Wajib Ditaati Kru Film Hollywood

Tertawa dan ribut sana sini bukan kebiasaan para kru film di Hollywood. Mereka harus konsentrasi 100 persen agar mendapat hasil terbaik.

Liputan6.com, Hollywood - Tak peduli siapa dan seberapa penting Anda dalam setiap produksi karya film, seorang kru yang bekerja di balik layar (terutama Hollywood) harus mengikuti segala peraturan yang telah dibuat.

Jika selama ini Anda menganggap bekerja sebagai pihak di balik layar sebuah film adalah hal yang mudah dan mengasyikkan, maka Anda salah.

Bekerja sebagai kru film di Hollywood harus mempunyai integritas dan displin. Patuh terhadap aturan dan tak bertingkah aneh ketika proses syuting berlangsung.

Teriak, tertawa, dan ribut sana sini bukan kebiasaan para kru film di Hollywood. Mereka harus konsentrasi 100 persen agar mendapat gambar yang baik.

Jika berani buat kesalahan, maka jangan kaget jika detik itu juga mereka harus diusir dari lokasi syuting.

Seperti dilansir dari laman Therichest.com, Jumat (15/12/2017), berikut 5 aturan ketat para kru film di Hollywood:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Jangan Bicara dengan Aktor Saat Ambil Gambar

Anda harus menjaga sikap jika bekerja sebagai kru dalam dunia Hollywood. Menjaga etiket dalam proses syuting adalah komponen yang terpenting ketika syuting.

Salah satu hal yang tak boleh dilakukan adalah tak boleh berbicara dengan pemeran film (aktor maupun aktris) ketika proses pengambilan gambar dimulai.

Jika hal tersebut masih dalam ranah pekerjaan dan arahan tentu saja diperbolehkan. Namun, jika hal yang dibicarakan ada di luar ranah pekerjaan (bercanda), bisa jadi itu adalah hari terakhir Anda terlibat dalam aktivitas produksi.

Hal ini biasanya juga terjadi pada seorang Production Assistant (PA) yang kerap bolak-balik mengerjakan sesuatu hal.

Ada banyak risiko yang menghantui mereka, seperti tertabrak dengan benda-benda seperti lampu dan kamera.

Aturan lain yaitu tak boleh tertawa dan mengambil gambar lewat telepon genggam atau kamera pribadi. Selain itu tak boleh pula kita mengeluarkan suara yang keras.

3 dari 6 halaman

2. Bekerja Lebih dari 16 Jam

Menjadi kru film di Hollywood sudah jelas jarang tidur. Jika sudah mengerjakan sebuah proyek film, lazimnya akan bekerja lebih dari 16 jam per hari.

Rasa kantuk harus mereka tahan, pulang kerja harus tidur dan tak bisa membuat janji dengan siapa pun.

Meski hanya punya waktu lima sampai enam jam untuk tidur, para kru film di Hollywood tak boleh mengeluh dan harus tetap fit saat bekerja keesokan harinya.

Lelah fisik, badan dan pikiran sudah biasa. Tapi mereka harus tetap fokus dan bertanggung jawab dengan semua bidang yang mereka kerjakan.

4 dari 6 halaman

3. Kru Harus Izin Jika Keluar dari Set, Meski ke Toilet

Meski hanya ke kamar mandi, seorang kru film harus meminta izin jika ingin keluar dari set. Permintaan izin harus disampaikan kepada atasan atau pemimpin jalannya proses syuting.

Anda juga harus sampaikan mau pergi kemana Anda. Kedisiplinan dalam menjalankan tugas ini memang ditekankan. Jika dibutuhkan, anggota yang lain tahu jika Anda sedang ada keperluan.

Jika atasan tak ada di tempat, pastikan orang di sekitar Anda (rekan kerja) tahu apa urusan Anda.

5 dari 6 halaman

4. Ikuti Warna Pakaian yang Ditentukan

Seorang kru produksi film di Hollywood harus mematuhi aturan dalam urusan pakaian. Jika instruksi yang diberikan memakai baju hitam, maka pastikan Anda mengenakan pakaian hitam hari itu.

Untuk alas kaki sendiri, gunakan sepatu yang nyaman buat diri Anda dan tentunya orang lain.

Jangan sekali-sekali mengenakan alas kaki yang dapat mencicit di lantai. Pasalnya, suara aneh tersebut dapat menganggu kenyamanan orang lain maupun proses syuting.

Salah satu alasan penggunaan baju warna hitam dalam produksi film adalah untuk kenyamanan para aktor, sutradara dan kru produksi lainnya.

Jika Anda mengenakan jeans pink dan ada motif-motif lain, hal ini dirasa dapat mengganggu konsentrasi orang lain ketika bekerja.

6 dari 6 halaman

5. Jaga Perilaku dan Tak Boleh Merokok

Lokasi syuting berbeda dengan warung pinggir jalan. Meski ada waktu yang cukup senggang, seorang kru tak diizinkan untuk merokok.

Meski dianggap sulit, percayalah cara ini tak hanya akan menuntun Anda dalam profesionalitas kerja. Selain itu, kebiasaan merokok dapat diatasi.

Jika Anda beranggapan aturan ini hanya berlaku untuk para kru film biasa, maka Anda salah. Segala aturan yang diterapkan juga berlaku kepada semua orang di lokasi syuting.

Termasuk sutradara, tamu VVIP dan lainnya. Kecuali, sang aktor yang dituntut untuk merokok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.