Sukses

Nenek 73 Tahun Dinobatkan Jadi Ratu Kecantikan

Banyak peserta dari berbagai latar belakang mengikuti ajang ini. Mulai dari mantan staf CIA, pimpinan paduan suara, hingga mantan pelari.

Liputan6.com, New York - Pada umumnya, kontes kecantikan yang diselenggarakan akan menampilkan sosok wanita muda, cantik bertubuh ideal, dan berkulit mulus. Namun nyatanya, ada ajang serupa yang diperuntukkan bagi kaum lansia.

Dikutip dari laman AFP, Sabtu (21/10/2017), ajang kecantikan lansia tersebut diselenggarakan di Amerika Serikat. Salah satu syarat untuk mengikuti kontes tersebut harus berusia 60 tahun ke atas.

Ajang pencarian ratu kecantikan ini diberi nama Miss Senior America. Kontes yang telah dimulai sejak 1971 ini bertujuan mempromosikan aspek rasa percaya diri bagi seorang wanita sepuh.

Banyak peserta dari latar belakang berbeda yang mengikuti ajang ini. Mulai dari mantan staf CIA, pimpinan paduan suara, hingga mantan pelari maraton.

Acara ini menjadi bukti nyata bahwa seorang lansia tak melulu harus berisirahat di rumah, menjahit pakaian, atau merajut benang. Para lansia juga bisa berprestasi di ajang kecantikan.

Ajang pemilihan itu diselenggarakan pada Kamis, 19 Oktober 2017 di New Jersey, Amerika Serikat waktu setempat.

Tahun ini, ajang Miss Senior America dimenangi oleh Carolyn Slade Harden. Wanita berusia 73 tahun itu pernah bekerja sebagai penyanyi.

Harden pun mengaku tak menyangka akan memenangi kontes kecantikan tersebut.

"Saya tak pernah menyangka akan menang. Ini adalah era kecantikan kami. Ini hanya permulaan dan bukan akhir," ucap Harden.

Ajang ini ternyata juga menjadi motivasi tersendiri bagi banyak pihak. Beberapa kontestan bahkan ada yang tak dapat berdiri secara sempurna. Mereka harus menggunakan kursi roda agar dapat berkompetisi.

Sebut saja peserta perwakilan negara bagian Minnesota yang menggunakan tongkat pada malam final. Hebatnya, ia ikut menari saat pembukaan berlangsung.

Mereka juga menunjukkan bakat lain seperti bernyanyi dibalut gaun kerlap-kerlip yang menambah semarak panggung.

Di Amerika Serikat terdapat sekitar 47,8 juta lansia berumur 65 tahun ke atas pada tahun 2015. Itu berarti, jumlah lansia sikitar 15 persen dari populasi di AS.

Angka ini dinilai akan terus bertambah menjadi 98,2 juta orang hingga tahun 2060. Itu berarti, satu dari empat orang Amerika Serikat merupakan kaum lansia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nenek Jago Split Pemenang Kontes Kecantikan

Selain ajang Miss Senior America, ada pula kontes kecantikan khusus lainnya yang ada di Negeri Paman Sam.

Rita Ann Battram, nenek ini berusia 86 tahun saat memenangkan kontes kecantikan Ms Senior Sweetheart Pageant 2013. Hal yang lebih menakjubkan darinya adalah ia bisa melakukan split dengan sempurna meski sudah berusia lanjut.

Dilansir dari laman Daily Mail, nenek asal Amerika Serikat ini memenangi kontes kecantikan yang memang diperuntukkan bagi wanita berusia di atas 58 tahun. Saat menjadi pemenang, Rita Ann sudah memiliki 26 cicit, 12 cucu dan 5 anak.

Ajang tersebut bukanlah kali pertama baginya. Sebelumnya, ia sudah beberapa kali mengikuti kontes kecantikan untuk wanita lanjut usia.

Rita Ann mengungkapkan bahwa salah satu rahasia kesuksesannya adalah berpikir positif meski berbagai rintangan hidup menimpa dirinya.

Nenek ini mengalami kebutaan di sebelah matanya. Ia juga sempat melakukan operasi pinggang yang memaksanya berhenti melalukan Hula Dance, tarian kegemarannya.

Rita Ann sudah suka menari sejak usia 11 tahun.

Sewaktu kecil dirinya suka bermain piano, tapi ayahnya tak mampu membelikannya. Sebagai gantinya, sang ayah yang seorang guru dansa mengajari Rita Ann untuk belajar Dansa Tap.

Sejak saat itu, Nenek Rita pun jatuh cinta dengan menari dan menjadi instruktur tari di studionya sendiri. Berbagai jenis tarian mulai dari balet hingga tari perut diajarkannya.

Rita Ann dan peserta kontes kecantikan lainnya tampil pada sebuah film dokumenter berjudul Pretty Old. Film ini ingin menunjukkan betapa berbakatnya para wanita berusia lanjut tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.