Sukses

Jumlah Wisatawan Rusia ke Indonesia Meningkat Setiap Tahun

Sejak periode Januari hingga Juni 2017, ada 66.074 warga Rusia yang berwisata ke Indonesia.

Liputan6.com, Moskow - Baru-baru ini, pemerintah Indonesia merilis data jumlah wisatawan Rusia yang mengunjungi Tanah Air menunjukkan peningkatan pesat dibanding tahun lalu.

Dikutip dari laman RBTH Indonesia, Minggu (24/9/2017), sejak periode Januari hingga Juni 2017, ada 66.074 warga Rusia yang berwisata ke Indonesia.

Angka ini naik 57,16 persen dibanding periode yang sama setahun sebelumnya.

Kenaikan ini merupakan yang tertinggi di antara negara-negara di dunia (Tiongkok berada di peringkat kedua dengan 45,06 persen). Pada 2016, jumlah wisatawan Rusia ke Indonesia mencapai 80.514 orang, naik 22,54 persen dari tahun 2015. Tahun ini, pemerintah menargetkan 108 ribu wisatawan Rusia ke Indonesia.

Duta Besar Indonesia untuk Rusia M. Wahid Supriyadi mengatakan, berbagai konsep promosi terus dilakukan, termasuk melalui Festival Indonesia dan Pameran Pariwisata Internasional ke-39 bertajuk "Otdykh Leisure" yang diselenggarakan di Moskow pada 19 hingga 21 September kemarin.

Selama pameran "Otdykh Leisure", Kementerian Pariwisata RI bersama para pelaku industri pariwisata Indonesia dan didukung KBRI Moskow menyajikan berbagai destinasi wisata menarik Tanah Air di Paviliun "Wonderful Indonesia" seluas 80 meter persegi.

Menurut keterangan dari media lokal, para pengunjung tidak hanya mencari informasi tempat-tempat tujuan wisata di Indonesia, tapi juga mendapat suguhan kopi lokal oleh barista yang didatangkan langsung dari Indonesia dan makanan-makanan kecil yang disajikan KBRI Moskow.

Selain itu, ada juga penampilan tarian-tarian tradisional oleh para penari Indonesia.

"Saya sudah berencana berlibur ke Indonesia pada Desember nanti selama satu bulan dan akan mengunjungi pulau-pulau di Indonesia," kata Denis, salah seorang warga Rusia yang mengunjungi Paviliun Indonesia dan menanyakan Raja Ampat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gali Potensi Indonesia

Kepala Bidang Promosi Pasar Eropa Kementerian Pariwisata RI Maria Mayabubun mengatakan, Indonesia terus menggalakkan promosi berbagai destinasi wisata lainnya selain Bali, seperti sepuluh destinasi baru yang disebut "New Bali".

Menurutnya, wisatawan Rusia sangat potensial bagi Indonesia. Kehadiran Indonesia pada "Otdykh Leisure" ini dapat menyakinkan warga Rusia untuk berkunjung ke Indonesia.

"Indonesia masih perlu melakukan promosi yang gencar, termasuk melalui misi penjualan ke sejumlah daerah di Rusia yang potensial, seperti Sankt Peterburg, Yekaterinburg, Novosibirsk, dan Vladivostok," kata Maria.

Dubes Wahid menambahkan, Indonesia perlu melakukan beberapa langkah yang dapat memaksimalkan jumlah wisatawan Rusia ke nusantara, salah satunya melalu optimalisasi potensi wisatawan dari wilayah tengah atau timur.

Untuk itu, diperlukan sinergi antara KBRI dan para pelaku kepentingan di Indonesia, baik pemerintah maupun pelaku bisnis industri pariwisata.

Ia berharap maskapai penerbangan seperti Garuda Indonesia dapat mempertimbangkan untuk terbang langsung ke Rusia karena tidak berdampak pada sektor pariwisata saja, tetapi juga perdagangan, arus barang dan jasa.

Beberapa negara di Asia Tenggara, seperti Singapura, Vietnam, dan Bangkok sudah memiliki penerbangan langsung ke Moskow atau beberapa kota besar lainnya di Rusia sehingga wisatawan Rusia mengalir ke negara-negara tersebut.

"Setiap kali berkunjung ke daerah-daerah, saya ditanya oleh orang Rusia kapan Garuda Indonesia terbang langsung ke Rusia," ujar Duta Besar Wahid.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.