Sukses

Peringati HUT ke-72 RI, Indonesia Raya Berkumandang di Ukraina

Menggenakan pakaian khas Melayu, Dubes Yuddy memimpin peringatan HUT ke-72 RI di Ukraina.

Liputan6.com, Kiev - Peringatan HUT ke-72 RI bukan cuma bisa dinikmati di Tanah Air. Kemeriahan peringatan hari kemerdekaan itu juga turut dirasakan masyarakat Indonesia di Benua Biru, Eropa.

Salah satu negara yang mengadakan acara peringatan HUT RI adalah Ukraina. Peringatan detik-detik Proklamasi berlangsung khidmat di halaman gedung KBRI, Kiev Ukraina.

Upacara tersebut dipimpin langsung Dubes Indonesia untuk Ukraina, Georgia, dan Armenia, Yuddy Chrisnandi.

Peringatan hari kemerdekaan yang dilangsungkan dengan upacara, diikuti oleh seluruh staf KBRI dan warga negara Indonesia yang berada di Kiev, Ukraina.

Dalam kesempatan tersebut, Dubes Yuddy mengenakan setelan pakaian khas melayu. Sementara, para peserta upacara terlihat mengenakan berbagai pakaian khas nusantara.

Kumandang lagu "Indonesia Raya" yang saat pengibaran bendera semakin membuat khidmat suasana upacara peringatan kemerdekaan tersebut.

Pada kesempatan itu, Dubes Yuddy menyampaikan sejumlah pesan kepada warga Indonesia yang berada di Ukraina. Pesan peringatan hari kemerdekaan dari Yuddy menggarisbawahi apa yang sudah disampaikan Presiden Jokowi dalam sidang Tahunan MPR-RI di Jakarta 2017.

"Bangsa Indonesia menjadikan sejarah sebagai fondasi untuk menatap masa depan. Pelajaran yang sangat penting dari sejarah bangsa Indonesia adalah kita bisa merebut kemerdekaan, bisa kita raih, bisa kita proklamasikan karena semua anak-anak bangsa mampu bersatu, mampu untuk bekerjasama dan mampu untuk kerja bersama," ucap Yuddy dalam keterangan pers KBRI Kiev.

Dia berharap, semangat HUT RI ke-72 dapat menjadi pelecut dalam memajukan kehidupan bangsa Indonesia ke depan.

"Sebagai anak bangsa yang sedang mengemban diplomasi di Ukraina, Georgia dan Armenia, kita jalankan diplomasi kita sejalan dengan konstitusi yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945, yaitu ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial," sebut dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.