Sukses

Salah Mendarat, 2 Pesawat di Bandara Toronto Tabrakan

Air Canada yang bertabrakan pada Sabtu 5 Agustus 2017, diketahui tengah membawa 286 penumpang dari Punta Cana, Republik Dominika.

Liputan6.com, Toronto - Dua pesawat berpenumpang dilaporkan bertabrakan di landasan pacu Bandara Internasional Toronto, Kanada. Dua pesawat itu adalah Air Canada dan maskapai penerbangan Polandia yang dioperasikan oleh LOT Polish Airlines.

Dikutip dari Channel News Asia, Senin (7/8/2017), tak ada korban dalam insiden berbahaya tersebut. Namun, terjadi kerusakan parah pada badan kedua pesawat.

Informasi ini disampaikan secara langsung oleh Juru Bicara Air Canada, Peter Fitzpatrick. Ia mengatakan, kejadian bermula ketika Air Canada bergerak mendekati gerbang pendaratan, padahal pesawat Polandia tersebut ada di posisi yang sama.

"Kedua pesawat saling bertabrakan ketika Air Canada bergerak mendekati gerbang pendaratan, sehingga tabrakan kedua pesawat tak dapat terelakan.

Air Canada yang bertabrakan pada Sabtu 5 Agustus 2017, diketahui tengah membawa 286 penumpang dari Punta Cana, Republik Dominika.

Menanggapi kejadian ini, otoritas keamanan di wilayah setempat masih melakukan penyelidikan terhadap insiden berbahaya tersebut, meski tak memakan korban jiwa.

Chris Krepski, Juru Bicara Badan Keselamatan Transportasi Kanada mengatakan, dari informasi awal yang berhasil dikumpulkan, maskapai Air Canada lah yang menabrak pesawat Polandia.

Padahal, LOT Polish Airlines tengah bersiap untuk lepas landas.

Pesawat Polandia dengan tipe Boeing 787 tersebut berencana untuk terbang ke Warsawa.

Kejadian semacam ini bukan yang pertama bagi Air Canada. Sebelumnya, maskapai penerbangan Kanada dengan tipe Airbus A320 tersebut nyaris terlibat dalam insiden yang berpotensi menelan banyak korban di Bandara San Francisco, Amerika Serikat.

Kala itu, pesawat tersebut nyaris mendarat di landasan pacu yang dipenuhi barisan pesawat lainnya.

Meski begitu, seorang pengawas penerbangan dapat mengantisipasi kejadian dan mengalihkan pendaratannya ke jalur lain.

 

 

Saksikan video berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.