Sukses

Tradisi Gedung Putih yang Satu Ini Tak Akan Dilakukan Trump?

Lazimnya, keluarga presiden AS akan membawa hewan peliharaan ke Gedung Putih. Namun, tradisi itu diduga kuat tak akan dilakukan Trump.

Liputan6.com, Washington, DC - Ada satu tradisi Gedung Putih yang mungkin tidak akan dilakukan di masa pemerintahan Donald Trump. Apa itu?

Di tengah berbagai isu miring yang menimpa Gedung Putih, terkuak satu fakta bahwa posisi First Pet masih akan tetap kosong. First Pet merupakan julukan bagi hewan peliharaan keluarga presiden.

Menurut Stephanie Grisham, juru bicara Ibu Negara Melania Trump, keluarga presiden masih menyesuaikan diri jadi hingga saat ini belum memiliki rencana untuk membawa hewan peliharaan di Gedung Putih. Demikian seperti diberitakan The Economist dan dikutip News.com.au pada Selasa (25/7/2017).

Melania dan putra bungsu Trump, Barron, baru saja pindah ke Gedung Putih pada pertengahan Juni lalu.

Tradisi memelihara hewan di Gedung Putih telah berlangsung sejak lama. Suatu waktu, Presiden ke-33 AS Harry Truman bahkan pernah mengatakan, "Jika Anda menginginkan seorang teman di Washington, peliharalah seekor anjing".

Di masa lalu, hewan peliharaan kepresidenan telah menjadi bagian dari keluarga orang nomor satu di AS. Presiden ke-44 AS Barack Obama dikenal dengan anjing peliharaannya yang bernama Bo.

Bo, anjing yang menjadi peliharaan keluarga Barack Obama (AP)

Adapun Presiden ke-41 AS George HW Bush memiliki seekor spaniel yang diberi nama Millie. Anjing itu bahkan pernah tampil dalam sebuah episode The Simpsons.

Millie juga menjadi subjek sebuah buku yang ditulis oleh mantan ibu negara Barbara Bush. Oleh New York Times, buku tersebut tercatat sebagai yang terlaris pada musim gugur 1990.

Menurut the Presidential Pet Museum ada lebih dari 300 hewan peliharaan yang pernah menghuni Gedung Putih, termasuk kuda, beruang, kambing, burung, harimau, bahkan seekor buaya!

Presiden ke-43 AS George W. Bush memiliki seekor sapi peliharaan bernama Ofelia. Namun, ayah dua anak itu memilih menempatkannya di peternakannya di Texas.

Beda Bush, beda pula dengan Presiden ke-27 AS William Howard Tait yang memilih membawa sapi perah peliharannya, Pauline Wayne, ke Gedung Putih.

Bill Clinton, presiden AS yang tersandung skandal pelecehan seksual dengan seorang staf magang Gedung Putih, Monica Lewinsky, diketahui memiliki hewan peliharaan berupa kucing dan anjing.

Yang cukup unik mungkin Theodore Roosevelt, presiden ke-26 AS. Ia dikabarkan memiliki 50 hewan peliharaan termasuk di antaranya burung hantu, hiena, luak, ayam berkaki satu, kuda, anjing, dan kucing.

Trump sempat dikabarkan akan mengadopsi seekor anjing jenis Goldendoodle bernama Patton. Anjing itu milik temannya, Lois Pope.

Belakangan, Lois Pope memutuskan untuk merawat Patton sendiri. Presiden AS terakhir yang tidak memiliki hewan peliharaan adalah Andrew Johnson.

 

Simak video berikut:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.