Sukses

Tulis Kutipan Palsu Albert Enstein, Putri Kesayangan Trump Diejek

Ivanka Trump percaya diri mengutip pernyataan yang diyakininya milik Enstein. Namun, faktanya entah kutipan itu milik siapa.

Liputan6.com, Washington, DC - Ivanka Trump, putri kesayangan Presiden Amerika Serikat  (AS), Donald Trump, diolok-olok di media sosial. Pemicunya adalah kicauan Ivanka empat tahun lalu. Kala itu perempuan berusia 35 tahun tersebut mengutip kata-kata yang menurutnya milik Albert Enstein.

"If the facts don't fit the theory, change the facts - Albert Einstein #quote #sunday," demikian kicauan Ivanka pada 24 Juni 2013 seperti dikutip dari Independent pada Selasa (25/7/2017).

Jika diartikan kutipan tersebut berarti, "Jika faktanya tidak sesuai dengan teori, ubahlah faktanya."

Kicauan tersebut muncul kembali sepanjang akhir pekan lalu. Yang jadi persoalan, Enstein tidak pernah mengungkapkan kata-kata tersebut.

Ada pengguna Twitter yang berseloroh dengan mempertanyakan apakah Ivanka menggunakan kutipan tersebut untuk mengubah fakta tentang dirinya.

Ramainya kicauan Ivanka ini bukan tidak mungkin disebabkan oleh komentar seorang penulis AS.

"Fakta bahwa Enstein tidak pernah menuliskan hal seperti itu membuat kicauan ini jauh lebih sempurna," tulis pemilik akun @colindickey.

Sebenarnya, Ivanka bukan orang pertama yang salah mengutip kata-kata tersebut. Selama ini, kutipan itu telah beredar luas dan sejumlah situs, termasuk BrainyQuote.com yang juga mengaitkannya dengan sang jenius matematika.

Lantas, dari mana sebenarnya asal kutipan tersebut? Sebagian meyakini bahwa itu merupakan kritik cerdas untuk mengubah fakta. Namun kemungkinan lainnya itu merupakan ringkasan dari sesuatu yang disampaikan Enstein, meski kata-katanya tidak demikian adanya.

Terlepas dari asal-usul kutipan tersebut, dinilai ada makna baru tentang "fakta alternatif" yang menjadi fokus. Istilah itu erat dengan pemerintahan Trump dan pertama kali digunakan oleh penasihat Presiden AS Kellyanne Conway.

Tentu saja, empat tahun lalu ketika menuliskan kicauan tersebut, Ivanka tidak menyangka bahwa itu akan menjadi polemik.

Sebagian pengguna Twitter mengolok-olok Ivanka dengan menuliskan kutipan palsu. Pemilik akun Twitter @JettaAngeli misalnya, menuliskan, "Alright stop, collaborate and listen - Wolfgang Amadeus Mozart".

Padahal, kutipan tersebut merupakan bagian dari lirik lagu Vanilla Ice yang berjudul "Ice Ice Baby".

 

Simak video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.