Sukses

Sistem Rahasia Ini Cegah Pilot Bertengkar di Kokpit Pesawat

Maskapai penerbangan mengadaptasi sistem rahasia yang membuat pilot tak terjebak di kokpit dengan seseorang yang tak mereka suka.

Liputan6.com, Miami - Menghabiskan penerbangan jarak jauh dengan duduk di samping seseorang yang membuat urat kita menegang merupakan suatu hal yang dianggap mimpi buruk. Terlebih, jika pilot dan kopilot (co-pilot) yang mengalaminya.

Oleh karena itu, maskapai penerbangan mengadaptasi sistem rahasia yang membuat pilot tak terjebak di kokpit dengan seseorang yang tak mereka suka.

Dikutip dari News.com.au, Senin (24/7/2017), atas dasar keselamatan penumpang, merupakan hal penting jika pilot dan kopilot berada dalam situasi yang tenang, peka, dan bisa berkomunikasi dengan baik.

Menanggapi kebutuhan itu, sistem 'Do Not Pair' pun dibuat. Melalui sistem tersebut, para pilot dapat menulis daftar orang-orang yang tak ingin mereka ajak bekerja sama.

Daftar tersebut kemudian dimasukkan ke dalam sistem penjadwalan masing-masing maskapai. Hal tersebut membuat pilot tak memiliki jadwal yang sama dengan orang yang tak mereka sukai.

"Setiap 30 hari, sekitar pertengahan bulan, kami menawarkan daftar baru untuk bulan berikutnya," ujar seorang pilot, Patrick Smith, dalam bukunya yang berjudul Cockpit Confidential.

Menurut The Telegraph, salah satu orang yang kerap dihindari adalah pilot senior. Menurut kesaksikan seorang kopilot, ia kesal saat kapten pilot berusaha menjadikannya 'wing man' atau asistennya -- ketika kaptennya berusaha menggoda seorang perempuan dalam penerbangan jarak panjang.

Sementara itu seorang pramugara bernama Elliot Hester mengatakan kepada LA Times, ia pernah menyaksikan seorang pilot bertengkar dengan kopilot beberapa menit sebelum pesawat lepas landas.

Begitu mendarat di Miami, Hester langsung melihat kopilot tersebut mengeluarkan laptopnya, masuk ke situs karyawan, memasukkan nama kapten dan mengklik 'Do Not Pair'.

Lalu bagaimana dengan risiko jika tiba-tiba pilot dan kopilot bertengkar di tengah penerbangan?

Sterile Cockpit Rule menyebut, pilot tidak diizinkan untuk membicarakan hal lain selain informasi terkait penerbangan saat pesawat berada di bawah ketinggian 10.000 kaki. 

Simak juga video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.