Sukses

Lupa Cukur Kumis, Penyamaran Anggota ISIS Jadi Perempuan Gagal

Upaya anggota ISIS yang berupaya kabur dari penangkapan tentara Irak tak berbuah manis. Penyamaran menyerupai wanita gagal mereka lakukan.

Liputan6.com, Mosul - Bagi anggota kelompok bersenjata ISIS, berbagai cara dilakukan agar dapat meloloskan diri dari tentara Irak di kawasan kota tua Mosul. Terlebih wilayah tersebut kini telah jatuh kembali ke tangan pasukan bersenjata itu.

Salah satu cara yang mereka gunakan untuk mengelabui militer Irak adalah menyamar sebagai seorang wanita. Namun nahas, seperti dilansir dari laman Mirror, Senin (24/7/2017), seorang anggotanya ditangkap karena tak sukses melakukan trik tersebut.

Upaya yang dilakukan oleh anggota ISIS itu tak berjalan sesuai rencana gara-gara ia lupa mencukur kumis.

Pria anggota ISIS tersebut sudah berusaha keras agar terlihat mirip seperti kaum Hawa pada umumnya. Tak hanya mengenakan pakaian wanita, ia juga menyempurnakan penampilannya dengan memakai alas bedak, bedak, pensil alis, lipstik merah terang,eyeshadow warna ungu, dan maskara.

Namun, ada satu hal yang terlupakan dan membuat penyamarannya terbongkar. Kumis dan janggut biang keladinya.

Entah ia lupa atau tak sempat, tentara Irak akhirnya mengetahui bahwa wanita "jadi-jadian" itu adalah seorang pria anggota ISIS. 

Sebelum melakukan penyamaran, pria itu memang dikenal memiliki kumis dan janggut yang sangat lebat. Namun pada upaya penyamaran, ia tak membabat habis bulu-bulu yang tumbuh di sekitar wajahnya.

Alhasil, aura lelaki yang semula ia tutup-tutupi masih saja terlihat dominan dan membuat penyamarannya sebagai wanita terbongkar.

Beberapa anggota ISIS yang berhasil ditangkap oleh mliter Irak meski sudah berusaha untuk menyamar (Dokumentasi Militer Irak)

Kasus serupa juga dilakukan oleh beberapa rekannya. Sebuah foto menunjukkan seorang militan ISIS mengenakan rambut palsu dan bra putih dengan detail renda-renda. Bra yang ia gunakan pun sengaja diisi dengan bahan yang empuk agar para prajurit Irak mengira dirinya adalah seorang perempuan.

Namun, rencana pria ini kembali gagal. Gara-garanya bulu dada masih tumbuh tepat di atas branya.

Foto lain yang beredar menunjukkan seorang militan ISIS menggunakan makeup dan pakaian wanita sambil membawa tas biru dan perlengkapan wanita lainnya.

Hal ini sengaja mereka lakukan agar dapat melarikan diri dan menghindari penangkapan setelah pertempuran selama sembilan bulan, yang berakhir dengan kemenangan pasukan Irak, didukung oleh Amerika Serikat.

Pertarungan ini pun menyebabkan ribuan nyawa melayang dan lebih dari satu juta orang mengungsi.

ISIS, yang juga dikenal sebagai Daesh, telah merebut Kota Mosul pada 2014 dan mengklaim bahwa wilayah itu adalah ibu kota kekhalifahan nya di Irak dan Suriah.

Warga Mosul mengatakan, kehidupan di bawah kendali ISIS sangat menyedihkan. Mereka menjadi sasaran pemukulan dan tindak keji lainnya.

Salah satu warga bernama Mohamad Zuhair (31) mengatakan, "Itu adalah neraka dunia. Mereka melakukan banyak aksi keji."

"Warga tak diizinkan untuk menggunakan telepon dan celana jeans. Kaum pria pun diharuskan memelihara jenggot panjang bagi seorang pria," tambahnya.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.