Sukses

Masjid Biru, Saksi Sejarah Manisnya Hubungan RI dan Uni Soviet

Sukarno meminta masjid itu dikembalikan sesuai fungsinya. Hanya sepuluh hari setelah kunjungan bangunan ini kembali menjadi masjid.

Liputan6.com, Saint Petersburg - Sejarah mencatat, pada 1956 Presiden Republik Indonesia Sukarno mengunjungi Uni Soviet untuk pertama kalinya. Ini merupakan kunjungan pertama Sukarno ke Uni Soviet sejak kedua negara resmi menjalin hubungan diplomatik pada 1950.

Dikutip dari laman RBTH, Minggu (23/7/2017), kunjungan Sukarno ternyata berdampak besar, termasuk berdirinya salah satu masjid terbesar di Rusia saat ini yaitu Masjid Biru Saint Petersburg.

Dalam kunjungannya ke Uni Soviet pada 1956, presiden pertama Indonesia tersebut menyempatkan diri mampir ke kota Leningrad -- nama Saint Petersburg pada masa itu.

Kota tersebut sangat cantik, memiliki arsitektur yang memesona, dan terletak di delta Sungai Neva.

Tak heran, kota ini pernah menjadi rebutan banyak negara. Di kota ini pula berdiri istana-istana terkenal, seperti Istana Musim Panas Petergof, Istana Musim Dingin Hermitage, serta Benteng Peter dan Paul. Saat melintasi jembatan Trinity Bridge yang berdiri di atas Sungai Neva, pandangan Sukarno saat itu tertuju pada bangunan berbentuk masjid yang berada di kejauhan.

Bangunan itu memiliki kubah biru dengan gaya arsitektur Asia Tengah. Dua menara kembarnya yang menjulang tinggi berhadapan dengan beberapa gereja di sekitarnya. Saat itu, Sukarno mengalkulasi, jika bangunan itu sebuah masjid, pasti mampu menampung lebih dari tiga ribu jemaah muslim untuk beribadah.

Saat berkunjung ke masjid bersejarah ini, memang di dalam masjid saat itu sangat sepi. Namun, menurut Alimzhan, penjaga masjid, setiap hari Jumat masjid ini penuh oleh umat Islam yang menunaikan ibadah salat Jumat (RBTH)

Sukarno pun mengajak rombongan mendatangi bangunan itu. Setelah tiba, ternyata bangunan tersebut memang secara fisik adalah sebuah masjid, tapi telah beralih fungsi menjadi sebuah gudang.

Di bawah pemerintahan komunis Uni Soviet, seluruh masjid dan gereja di seluruh negeri beralih fungsi menjadi gudang dan beragam kegunaan lain. Masjid Biru, salah bangunan yang dijadikan gudang sejak Perang Dunia II.

Setelah kunjungannya ke masjid tersebut, Sukarno kemudian bertemu Nikita Khrushchev, sang pemimpin Soviet. Saat Khrushchev bertanya bagaimana kesan Sukarno mengenai Leningrad, sang presiden malah membahas kondisi Masjid Biru yang baru ia kunjungi.

"Sukarno meminta masjid ini dikembalikan sesuai fungsinya. Hanya sepuluh hari setelah kunjungan Presiden Sukarno, bangunan ini kembali menjadi masjid," ujar Zhapar N. Panchaev Imam Masjid Biru Saint Petersburg.

Masjid Biru mulai dibangun pada 1910 ketika umat Islam di Rusia saat itu hanya berjumlah sekitar delapan ribu orang. Sebagian besar para pekerja yang membangun masjid ini adalah mereka yang tengah membangun kapal di galangan Sungai Neva. Para pekerja muslim ini berasal dari kawasan selatan Soviet seperti Dagestan, Kazakhstan, Tajikistan, dan Turkmenistan.

Juni 2014, kedua menara masjid ini sedang direnovasi (RBTH)

Izin pembangunan masjid ini diberikan langsung oleh Tsar Nikolai II pada 3 Juli 1907 di Petergof. Sang arsitek masjid, Nikolai Vasilyev, memadukan ornamen ketimuran dan mosaik biru toska pada kubah, gerbang masjid, menara, serta mihrab imam. Tak heran, masjid ini pun lebih dikenal dengan nama Masjid Biru.

Pembangunan masjid dilakukan setelah dibentuk komite khusus pada 1906 yang diketuai Ahun Ataulla Bayazitov. Emir Bukhara Said Abdoul Ahad tercatat sebagai penyumbang terbesar pembangunan masjid ini. Said Abdul Ahad membiayai semua biaya pembangunan masjid. Saat resmi dibuka pada 1913, Masjid Biru adalah masjid terbesar di Eropa. Masjid ini memiliki kubah biru setinggi 39 meter dan menara kembar setinggi 49 meter.

Setelah ditutup dan dijadikan gudang pasca-Perang Dunia II (1942-1956), masjid ini dipugar secara besar-besaran pada 1980. Sang penjaga masjid, Alimzhan mengatakan, Masjid Biru selalu menjadi objek kunjungan pemimpin-pemimpin negara Islam bila datang ke Saint Petersburg.

"Saya sendiri bertemu Gamal Abdul Nasser dari Mesir ketika beliau berkunjung ke sini," kata Alimzhan.

Kini, Masjid Biru masih berdiri tegak di Saint Petersburg. Lingkungannya tak berubah, masih tepat di jantung kota, berseberangan dengan benteng Peter dan Paul. Di depannya, terbentang Taman Gorkorvskaya yang luas dan dipenuhi pepohonan tua.

Di dalam masjid terhampar karpet biru, dinding-dindingnya dihias dengan ornamen-ornamen khas Rusia dan tak lupa hiasan kaligrafi di setiap sudutnya.

Masjid Biru telah menjadi saksi manisnya hubungan Indonesia dan Uni Soviet di era 50-an.

Soviet yang berideologi komunis ternyata mau mendengarkan permintaan sahabatnya untuk membuka kembali masjid tersebut. Rasa saling percaya membuat kedua negara dapat membina hubungan yang didasarkan pada ketulusan dan kejujuran. Itu membuktikan bahwa perbedaan ideologi tak menjadi penghalang untuk menjaga hubungan bilateral antara kedua negara, sambil terus saling menghormati satu sama lain.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.