Sukses

Guam hingga Indonesia, Kisah 6 Tentara Jepang yang Menolak Kalah

Dari sejumlah individu, berikut 6 tentara yang tidak mengetahui atau menolak percaya bahwa Jepang telah menyerah pada Perang Dunia II.

Liputan6.com, Jakarta - Pada 15 Agustus 1945, untuk pertama kalinya, melalui siaran radio, suara Kaisar Hirohito didengar oleh sebagian besar warga Jepang. Bukan kabar gembira yang ia sampaikan, melainkan, pernyataan bahwa Negeri Sakura telah kalah pada Perang Dunia II.

Sejak itu, jutaan warga Jepang meyakini betul bahwa, negara mereka mungkin telah menyerah kepada Sekutu yang dipimpin oleh Amerika Serikat, meski sang kaisar tidak eksplisit menerangkan hal tersebut melalui siaran radio.

Meski tersiar melalui radio --yang pada saat itu menjamah sejumlah pelosok di Jepang-- namun, kabar yang disampaikan Kaisar Hirohito itu terlambat atau tidak sampai ke telinga para tentara Negeri Sakura yang bertempur di wilayah terpencil di Asia atau kepulauan Pasifik.

Ada pula sebagian personel telah mendengar kabar kekalahan tersebut, namun mereka memilih untuk tidak percaya.

'Propaganda Sekutu, sengaja disiarkan untuk menurunkan moral dan semangat pasukan Nippon,' pikir para tentara yang menolak percaya atas siaran radio Kaisar Hirohito.

Dan sejumlah individu seperti kondisi di atas meyakini untuk beberapa waktu bahwa, negerinya masih aktif terlibat dalam Perang Dunia II.

Dari sejumlah individu, berikut 6 tentara yang tidak mengetahui atau menolak percaya bahwa Jepang telah menyerah pada Perang Dunia II, seperti yang dikutip Liputan6.com dari Listverse.com, Selasa (18/7/2017).

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Noboru Kinoshita

Memasuki 1944, ketika pasukan Amerika Serikat mulai mendekati daratan Jepang, the Imperial Japanese Army (IJA)  kewalahan. Di satu sisi, mereka harus berkonsentrasi wilayah yang telah diduki di Asia dan Pasifik. Dan di sisi lain, IJA juga harus membendung pasukan Negeri Paman Sam yang makin mendekat ke Jepang.

Situasi itu membuat segelintir pasukan IJA menetap di sejumlah pulau di Pasifik, mempertahankan status quo Jepang di kawasan. Sebagian lain dimobilisasi menuju pulau yang dekat dengan daratan Negeri Sakura.

Noboru Kinoshita merupakan salah satu tentara Jepang yang dimobilisasi menggunakan kapal. Nahas, kapal yang membawanya ditembak hingga tenggelam oleh pasukan Sekutu.

Kinoshita berhasil menyelamatkan diri ke Pulau Luzon, Filipina, yang saat itu telah dikuasai oleh pasukan AS. Sesampainya di sana, ia bersembunyi di hutan lebat dan bertahan hidup dengan memakan apa pun yang dapat ditemukan, mulai dari kadal hingga daging monyet.

Pria itu berhasil menghindari penangkapan selama 11 tahun, hingga akhirnya ditangkap oleh otoritas setempat pada 1955. Saat di dalam tahanan, Kinoshita akhirnya bunuh diri, karena menolak kekalahan dan dikembalikan ke Jepang pasca-Perang Dunia II, membuat Kinoshita --secara teknis-- masih 'berperang dengan Sekutu', hingga akhir hayatnya.

 

3 dari 7 halaman

2. Bunzo Minagawa

Bunzo Minagawa tiba di Guam pada 1944 sebagai satu dari ribuan tentara Jepang yang diberi misi untuk mengusir invasi besar-besaran pasukan Amerika Serikat. Operasi membendung invasi AS gagal, dan sebagian besar pasukan Jepang tewas di medan pertempuran.

Minagawa, bersama rekannya, Masashi Ito, termasuk di antara korban yang selamat dan menemukan tempat berlindung di kawasan hutan Guam yang lebat. Ia kemudian memulai pengembaraan untuk menghindari penangkapan, hingga 16 tahun lamanya.

Keduanya bertahan hidup dengan mencuri dari penduduk lokal dan memungut sisa-sisa logistik pasukan AS. Teknik itu menjadi pola hidup keseharian Minagawa dan Ito, hingga ditangkap oleh penduduk lokal pada 1960. Akhirnya, keduanya dikembalikan ke Jepang.

 

4 dari 7 halaman

3. Hiroo Onoda

Saat Jepang kalah di penghujung Perang Dunia II, Onoda menolak untuk menyerah. Ia juga tak mau mengikuti langkah serdadu lain: hidup menanggung malu atau melakukan hal ekstrem, bunuh diri alias harakiri.

Onoda tetap memilih tinggal di pedalaman hutan di Pulau Lubang, dekat Luzon, Filipina selama 29 tahun, hingga 1974. Ia tak percaya perang sudah berakhir.

Kala itu, saat Perang Dunia II hampir usai, prajurit Onoda tersudut di Pulau Lubang oleh pasukan Amerika Serikat yang merangsek ke utara.

Prajurit muda itu terdesak. Tapi ia diperintahkan untuk tidak menyerah. Perintah yang ia patuhi selama 3 dekade.

Di Lubang, Onoda tidak bersembunyi. Ia terus melakukan survei fasilitas militer dan terlibat dalam bentrokan sporadis. Saat itu, dia keliru membunuh 30 warga yang ia kira tentara musuh.

Dunia telah mengetahui keberadaannya sejak tahun 1950 ketika salah satu rekannya sesama tentara, muncul dari dalam hutan dan akhirnya kembali ke Jepang. Teman Onoda terakhir tewas dalam baku tembak dengan tentara Filipina pada tahun 1972 .

Perintah untuk menyerah berkali-kali ia tampik. Onoda mengira informasi soal Jepang kalah perang, termasuk dari selebaran yang disebar pemerintah Negeri Sakura, sebagai tipuan.

Pengasingannya berakhir saat komandannya yang sudah sepuh jauh-jauh terbang dari Jepang khusus untuk menemuinya pada Maret 1974. Sang komandan membatalkan perintah yang ia berikan sendiri pada Onoda -- yang kala itu menyambutnya dengan tangisan hebat.

Onoda lalu menghormat ke bendera Jepang, bersiap menyerahkan samurainya, dengan mengenakan baju tentara lawasnya yang sudah lusuh.

Pada 11 Maret 1974, Onoda secara resmi menyerahkan pedang samurainya pada Presiden Ferdinand Marcos di Istana Malacanang, Manila. Pada 16 Januari 2014, Onoda meninggal, di usia 91.

 

5 dari 7 halaman

4. Yuichi Akatsu

Tidak semua tentara Jepang yang menolak menyerah terus bertarung atau bersembunyi tanpa batas waktu.

Salah satunya adalah Yuichi Akatsu, yang menghabiskan beberapa tahun untuk meneror orang-orang Filipina di Lubang dengan Hiroo Onoda yang telah disebutkan di atas. Meskipun begitu, alasan Akatsu melakukan itu karena dirinya hanya seorang tentara berpangkat prajurit rendah dan tunduk pada perintah Onoda,

Akatsu akhirnya menyerah pada 1949 kepada kepolisian setempat. Sebelum dikembalikan ke Jepang, ia membantu pihak berwenang mencari Onoda dan dua orang sejawatnya, tapi mereka semua berhasil menghindari penangkapan.

 

6 dari 7 halaman

5. Shoichi Yokoi

Pada 21 Juli 1944, pasukan Amerika Serikat melakukan serangan berskala besar untuk menginvasi dan merebut kembali Guam dari Jepang, yang telah menduduki wilayah itu sejak Desember 1941.

Pertempuran di Guam berlangsung hingga Agustus 1944 dan menewaskan sekitar 18.000 pasukan Negeri Sakura.

Namun, segelintir tentara Jepang berhasil menyelamatkan diri dari medan pertempuran, seperti Shoichi Yokoi. Ia melarikan diri ke belantara hutan Guam yang lebat.

Yokoi mengisolasi dirinya sendiri dan menggali sebuah gua untuk tempat tinggalnya. Berprofesi sebagai penjahit di kehidupan sipil, Yokoi menggunakan jari-jarinya yang lincah untuk membuat tidak hanya pakaian, tapi juga peralatan berburu dan memancing yang diperlukan untuk kelangsungan hidupnya.

Pria itu hidup tenteram hingga akhirnya ditangkap oleh penduduk lokal pada 24 Januari 1972. Tak lama, Yokoi dipulangkan ke tanah airnya.

 

7 dari 7 halaman

6. Teruo Nakamura

Tak semua personel Imperial Japanese Army (IJA) berkebangsaan Jepang. Salah satunya adalah Prajurit Rendah Teruo Nakamura yang berasal dari Taiwan.

Nakamura ditempatkan di pulau Morotai, Halmahera, Indonesia pada tahun 1944, bersamaan ketika pasukan Sekutu melancarkan serangan dan berhasil mengatasi perlawanan Jepang di kawasan.

Si prajurit rendah berhasil menyelamatkan diri ke kawasan hutan pulau Morotai, demi menghindari penangkapan pasukan Sekutu.

Ia bertahan hidup dengan segala cara yang dianggap perlu. Hingga pada 1974, ia ditemukan oleh aparat setempat dan dipulangkan ke Taiwan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.