Sukses

Video 2 Bocah Asia Memburu Ular untuk Biaya Hidup

Siapapun dibuat geleng-geleng kepala oleh aksi dua bocah ini. Demi bertahan hidup mereka bertaruh nyawa menjadi pemburu ular.

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai cara dilakukan untuk menyambung hidup, terlebih oleh mereka yang kurang beruntung. Sebuah video yang viral menunjukkan, sepasang bocah tengah berburu ular untuk membantu menghasilkan uang bagi keluarga mereka.

Video berdurasi 9 menit 49 detik tersebut diunggah oleh pemilik akun Facebook Amazing On Global dan hingga kini telah ditonton 54 juta kali. Rekaman gambar itu dibuka dengan pemandangan mendebarkan, bocah laki-laki bertelanjang dada tengah dililit ular piton.

Sementara itu, bocah perempuan yang diduga kuat kakaknya tengah berusaha melepas lilitan ular piton tersebut. Meski terlihat sedikit sulit terbebas dari lilitan hewan melata itu, namun tak ada kepanikan yang ditunjukkan kedua anak pemberani itu.

Video ini dipublikasikan dengan judul The life of two Asian kids catching snakes to sell earn money to support their family atau kurang lebih dapat diartikan, kehidupan dua anak Asia menangkap ular untuk mendapatkan uang demi membantu keluarga mereka. Akun Facebook tersebut mengunggahnya pada 5 Juli 2017. Tak disebutkan lokasi kejadian.

Mendapat satu ekor ular tak membuat kedua bocah tersebut berhenti. Mereka melanjutkan perburuan ke lokasi lain.

Anak perempuan yang membawa karung, cangkul, dan linggis tersebut seolah mengetahui persis persembunyian hewan melata itu di dalam tanah. Tak jauh dari lokasi pertama, ia pun mencangkul cukup dalam dan sempat terperanjat saat mendapati seekor ular di dalam tanah.

Tak gentar, anak perempuan itu terus menggali hingga ia dan saudaranya dapat meraih ekor ular itu dan menariknya sebelum memasukkannya ke dalam karung berwarna kuning. Sungguh, aksi mereka membuat siapapun takjub dan geleng-geleng kepala.

Ular ketiga mereka dapat saat bocah laki-laki itu menemukan sebuah lubang di tanah. Ketika berusaha mengintip, ia sempat terkejut karena menemukan seekor ular lainnya dan sang kakak pun dengan sigap menarik hewan itu.

Sementara dua ular berukuran lebih kecil dimasukkan dalam karung dan dipanggul sang perempuan, ular piton berukuran besar digendong bocah laki-laki. Ia tampak kesulitan membawanya mengingat tubuhnya sendiri belum cukup besar.

Pemilik akun Facebook Borami Sundori menyebutkan, ini terjadi di negaranya, Kamboja. "Inilah Kamboja, negara saya yang miskin. Hidup begitu sulit bagi orang-orang tak mampu seperti mereka. Tapi mereka sungguh pintar karena melemparkan ular ke air untuk membuat hewan itu pusing sebelum memasukkannya ke karung".

Dugaan bahwa kisah hidup dua bocah ini berasal dari Kamboja juga dikuatkan oleh pemilik akun Facebook Pack William. Dalam komentarnya disebutkan, "Mereka adalah warga Kamboja. Saya pernah bertemu orang-orang seperti mereka ketika tengah menangkap ular dan saya bertanya 'wow, bagaimana kamu melakukannya..!! Itu berbahaya..!! Bagaimana jika kamu bertemu kobra!!??? Itu berbahaya... dan mereka katakan hey bung jika saya bertemu dan menangkap kobra itu harganya jauh lebih mahal.."

Sementara itu, tak sedikit yang menyoroti keberanian dan kepekaan mereka "mengendus" tempat persembunyian ular. Salah satunya pemilik akun Facebook Joachim Njatha.

"Saya tak tahu bagaimana mereka mampu menemukan tempat persembunyian ular...Mereka pasti dikaruniai bakat untuk mencium aroma ular...Bagaimanapun, anak-anak pemberani ini hidup di sebuah negara dengan pemerintahan yang gagal," tulis Joachim Njatha.

 

Simak video dua bocah pemburu ular berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.