Sukses

Ini Foto 'Selfie' Obama Bersama Ribuan Peserta Kongres Diaspora

Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama hadir menjadi tamu istimewa Kongres Diaspora Indonesia ke-4.

Liputan6.com, Jakarta - Kongres Diaspora Indonesia yang digelar tahun ini memang beda. Tak hanya dihadiri ribuan peserta, Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama juga datang sebagai tamu istimewa.

Dalam pidatonya, Obama bernostalgia tentang masa kecilnya di Indonesia, bercerita tentang liburan sekaligus napak tilas bersama seluruh anggota keluarganya di Tanah Air.

Tak lupa, 'Si Anak Menteng' juga memuji toleransi di Indonesia yang ia saksikan secara langsung. Obama juga mengaku bangga, menjadi bagian dari Indonesia yang warganya hidup berdampingan dalam keberagaman: Bhinneka Tunggal Ika.

"Borobudur adalah Candi Buddha terbesar, yang berada di wilayah yang mayoritas penduduknya adalah Muslim, " kata Obama.

Demikian juga dengan candi Hindu, Prambanan, yang berada di tengah penduduk yang beragama Islam. Bahkan, banyak gereja dan masjid yang berdiri berdampingan di Indonesia.

Menurut Obama, fakta tersebut menjadi simbol toleransi di Indonesia dan menjadi bukti Nusantara pantas menjadi contoh bagi negara lain.

Sementara, dalam sesi tanya jawab, Obama membahas banyak hal, dari soal kepemimpinan, isu perubahan iklim dan demokrasi, hingga klub basket kesayangannya Chicago Bulls yang belum mencapai performa terbaiknya.

Sebelum mengakhiri kunjungannya di Kongres Diaspora Indonesia, Obama menyempatkan diri berselfie bersama ribuan peserta dan tamu undangan.

Foto selfie (dari kiri ke kanan), Komisaris Utama Emtek Group Eddy Kusnadi Sariaatmadja, Ketua Board of Trustees Indonesian Diaspora Network Global Dino Patti Djalal, Barack Obama dan ribuan peserta Kongres Diaspora, Jakarta, Sabtu 1 Juli 2017 (Istimewa)

Obama berdiri di panggung, membelakangi peserta, bersama Ketua Board of Trustees Indonesian Diaspora Network Global Dino Patti Djalal, Komisaris Utama Emtek Group Eddy Kusnadi Sariaatmadja, dan dua pembawa acara, Beverly Gunawan dari SCTV dan  Auskar Surbakti dari ABC Australia.

Dino Patti Djalal bertugas memegang tongkat selfie. Di latar belakang terlihat ribuan peserta dan tamu undangan yang melambaikan tangan ke arah kamera yang juga mengabadikan senyum ramah Obama.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.