Sukses

Dikawal Bodyguard, Menteri India Kencing Sembarangan

Menteri Pertanian India tertangkap kamera diduga tengah kencing di depan tembok. Para bodyguardnya lengkap dengan senjata memunggunginya.

Liputan6.com, Delhi - Seorang politisi senior sekaligus menteri pertanian India, dilaporkan terpergok kencing sembarangan di tempat umum. Padahal, Pemerintah New Delhi tengah menggalakkan kebersihan jalanan dan fasilitas publik. 

Menteri Pertanian India, Radha Mohan Singh, tertangkap kamera diduga tengah kencing di tembok. Sementara, para bodyguard-nya lengkap dengan senjata, memunggunginya berjaga-jaga.

Dikutip dari The Independent pada Jumat (30/6/2017), foto tak bertanggal itu dibagikan ke media sosial oleh Partai Rashtriya Janata Dal -- oposisi partai sang menteri, Bharatiya Janata Party (BJP).

Foto itu diambil saat kunjungan Singh ke Motihari, sebuah desa konstituennya di Champaran Timur, demikian menurut News18, sebuah TV lokal berbahasa Hindi.

Independent bersama sejumlah media lokal lainnya tak bisa memverifikasi kebenaran foto itu.

Menteri Singh dikritik habis-habisan pasca-foto itu viral di media sosial. Ia dianggap tidak menjalankan perintah Perdana Menteri Narendra Modi yang mengkampanyekan jalanan India yang bersih dan bebas bau pesing.

Kampanye itu dimulai pada 2014, bertujuan untuk menjaga kebersihan area publik dengan membangun 12 juta toilet di pedesaan.

Independent mencoba menghubungi tim menteri terkait, tapi tak satupun membalas kontak.

Namun, juru bicara BJP, Rajib Ranjan mengatakan, "tak ada yang salah dengan apa yang menteri itu lakukan."

"Tak ada manusia yang mampu menahan panggilan alam. Apa yang Anda lakukan saat bepergian jarak jauh dan tak menemukan toilet umum?"

Ranjan juga mengklaim bahwa foto itu 'sudah berusia 6 bulan'.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini