Sukses

Paris Luncurkan Aplikasi Pencegah Serangan Seksual

Paris membuat aplikasi yang memberi tahu orang-orang saat mereka berada di zona berbahaya.

Liputan6.com, Prancis - Kota Paris meluncurkan sebuah aplikasi keamanan. Dengan program tersebut, orang-orang akan menerima notifikasi peringatan jika mereka berada di zona tak aman yang disebut No-Go Zone.

Selain itu para pengguna aplikasi tersebut juga akan diberi informasi tentang potensi serangan seksual di lokasi di mana mereka berada. 

Seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (29/6/2017), puluhan orang telah mengunduh aplikasi No-Go Zone yang tersedia di Google Play -- yang saat ini memiliki rating 4,3 dari 5.

"Ketika Anda berada di lokasi yang tidak diketahui, mencari tempat yang aman untuk tinggal, dan dalam perjalanan ke lokasi tertentu, No-Go Zone memungkinkan Anda mengurangi risiko mengalami aksi kejahatan, pencurian, pelecehan atau perlakuan tidak sopan," demikian rincian yang tertera pada aplikasi tersebut.

Menurut sang perancang aplikasi, program tersebut sengaja dimaksudkan untuk memberi tahu orang-orang bahwa mereka berada di daerah yang berbahaya.

Dengan peringatan tersebut, maka orang akan menghindari area di Ibu Kota Prancis yang berisiko terhadap aksi kekerasan atau kejahatan. Para penggunanya juga dapat mengunggah kejadian terkini, mulai dari aksi kejahatan hingga serangan seksual melalui perangkatnya.

Pengguna aplikasi itu juga bisa mengetahui seberapa dekat mereka dengan area bahaya, termasuk agar lebih waspada terhadap pencopet lihai di sekitar Menara Eiffel.

"Mengingat degradasi saat ini, lebih baik memiliki aplikasi ini ...," menurut salah satu review pengguna, WestMonster.

"Ini adalah aplikasi yang sangat diperlukan...," timpal pengguna lain.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.