Sukses

Geger Hiu Biru Berenang di Pantai Spanyol yang Penuh dengan Turis

Kawasan pantai di Mayorka, Spanyol, panik setelah seekor hiu biru berenang mendekati wisatawan.

Liputan6.com, Mayorka - Kepanikan melanda sebuah pantai di Mayorka, Spanyol, pada hari Sabtu waktu setempat. Pasalnya, di tengah ramainya wisatawan yang tengah menikmati waktu libur mereka, mendadak muncul seekor hiu biru.

Hiu biru yang memiliki panjang sekitar 2,4 meter tersebut dikabarkan terlihat berenang di Illetas di dekat Magaluf pada hari Sabtu lalu. Foto-foto yang viral menunjukkan hiu itu berenang ke arah sekelompok orang, termasuk di antaranya anak-anak.

Seorang warga lokal mengisahkan, mengetahui peristiwa itu petugas pertolongan pertama langsung berteriak, "Semuanya...keluar dari air!". Beruntung, tak ada korban dalam kejadian ini.

Meski demikian, petugas disiagakan dan memantau daerah tersebut selama beberapa jam untuk memastikan hewan itu tidak kembali muncul. Pantai ditutup pada hari Minggu setelah hiu yang diduga sudah menjauh terlihat lagi.

Penutupan hanya berlangsung selama beberapa jam. Ketika dibuka kembali, petugas mengingatkan agar wisatawan tidak berenang terlalu jauh. Demikian seperti dilansir Telegraph, Senin (26/6/2017).

Petugas dikabarkan memperketat pemantauan mereka dengan berjaga-jaga dari tempat yang lebih tinggi.

Juru bicara untuk Calvia Council yang mencakup Illetas mengonfirmasi bahwa hiu biru tersebut sempat mendekati garis pantai pada tengah hari Sabtu. Hal yang sama juga terjadi pada hari Minggu.

"Hiu itu mendekati pantai di Illetas pada Sabtu sekitar pukul 12.00 hingga 13.00. Ini masih di bawah kontrol dan pantai juga terus diawasi," ujar sang jubir.

Tahun lalu dilaporkan pernah terjadi serangan hiu biru di kawasan wisata pantai populer Ibiza. Korban terpaksa dilarikan ke rumah sakit demi mendapat perawatan intensif.

Hiu biru adalah salah satu spesies hiu yang paling umum di Mediterania. Jenis hiu yang sama disalahkan atas serangan terhadap seorang turis di Elche dekat Alicante pada Juli lalu. Korban berusia 40 tahun itu dilarikan ke rumah sakit dan mendapat jahitan atas tangannya yang terluka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.