Sukses

Tingkatkan Jumlah Mahasiswa Asing, Rusia Beri Kemudahan Visa

Pemerintah Rusia mencatat terjadi peningkatan jumlah mahasiswa asing yang belajar ke Rusia di setiap tahunnya.

Liputan6.com, Moskow - Kementerian Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Rusia berencana untuk memberlakukan visa yang lebih lama untuk para pelajar asing yang memilih pendidikan di Negeri Beruang Merah tersebut.

Dikutip dari laman RBTH, Minggu (25/6/2017), pemerintah tengah mempersiapkan rancangan undang-undang (RUU) untuk mempermudah persyaratan bagi mahasiswa asing yang belajar di beberapa universitas yang tersebar di Rusia. Program ini akan memberlakukan visa tinggal yang lebih panjang.

Kementerian Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Rusia menerangkan beberapa cara yang harus dilakukan. Pertama-tama mahasiswa asing harus mendaftarkan visa pelajar selama tiga bulan di negara masing-masing.

Setelah prosedur itu dilakukan, mereka harus mendaftarkan diri ke Badan Imigrasi Federal Rusia (FMS) guna memperpanjang masa berlaku dokumen.

Dalam hal ini, FMS menerbitkan visa multiple-entry (beberapa kali kunjungan, yang bisa diperpanjang setiap satu tahun selama masa pendidikan mereka.

Ada beberapa alasan yang dikemukakan oleh pemerintah untuk merancang undang-undang tersebut.

"Kebanyakan masa kuliah memakan waktu yang cukup lama. Dalam rangka memastikan keunggulan kompetitif kualitas pendidikan universitas-universitas di Rusia, kami mempertimbangkan penerbitan visa multiple-entry untuk periode yang lebih lama bagi mahasiswa asing," ujar pihak Kementerian Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Rusia.

Namun, pemerintah menetapkan bahwa visa tak berlaku untuk periode yang lebih lama dari tiga tahun.

Pemerintah juga mencatat pada 2014 lebih dari 120 ribu mahasiswa asing belajar di lebih 532 institusi pendidikan yang tersebar di seluruh wilayah Rusia.

Angka tersebut kian meningkat menjadi 137 ribu pada tahun selanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini