Sukses

Dino Patti Djalal: Obama Akan Bicara Isu Pluralisme dan Toleransi

Mantan Presiden AS Barack Obama akan mudik ke Indonesia. Si Anak Menteng akan menyampaikan pidato di Kongres Diaspora.

Liputan6.com, Jakarta - Barack Obama akan pulang kampung ke Indonesia, bertepatan dengan momentum mudik dan Idul Fitri. Itu adalah kunjungan pertama Presiden ke-44 Amerika Serikat tersebut ke Tanah Air setelah tak lagi menjabat di Gedung Putih.

Kunjungan Obama ke Indonesia merupakan tindak lanjut dari undangan Presiden Joko Widodo.

Tak hanya mengajak sang istri, Michelle Obama, kali ini, Si Anak Menteng juga akan membawa dua putrinya Malia dan Sasha -- yang belum pernah ke Indonesia. 

Di sela-sela kunjungannya, Obama akan hadir di ajang Kongres Diaspora Indonesia ke-4 pada 1 Juli 2017. 

"Obama akan memberikan pidato di sesi khusus di Kongres tersebut," kata Ketua Board of Trustees Indonesian Diaspora Network Global Dino Patti Djalal saat wawancara khusus dengan Liputan 6 SCTV, Rabu (21/6/2017).

Dalam pidatonya, Obama akan membicarakan sejumlah isu penting, seperti pluralisme, toleransi, dan globalisasi.

"Karena itu merupakan isu yang hangat, bukan hanya di Indonesia, tapi juga secara global. Dan itu juga, yang saya dengar, merupakan tema favorit Barack Obama," ujar mantan Wakil Menteri Luar Negeri RI tersebut.

Tak hanya istimewa karena kedatangan Obama, Kongres Diaspora Indonesia ke-4 akan menjadi perhelatan akbar. Ribuan peserta telah mendaftar dalam kegiatan tersebut.

"Ini akan menjadi kegiatan diaspora Indonesia yang terbesar sepanjang sejarah. Yang mendaftar untuk menjadi peserta sudah dari 52 negara dan 134 kota. Dari Indonesia sudah dari 71 kota. Total 9.000 orang yang mendaftar jadi peserta," ujar Dino.

Perhelatan tersebut ditujukan untuk menggalang kontribusi diaspora untuk Indonesia.

Sebab, jika diberdayakan, komunitas diaspora diyakini mampu memberikan sumbangsih positif demi pembangunan bangsa.

"Bahwa sesungguhnya komunitas diaspora yang berjumlah 8 juta orang, merupakan aset berharga. Mereka padat modal dan kemampuan. Mereka lebih resourceful," kata Dino. "Diharapkan juga pemerintah Indonesia mampu menyambut baik gerakan ini."

Mantan Dubes RI untuk AS tersebut juga menyampaikan penghargaan pada Presiden Joko Widodo yang peduli terhadap diaspora Indonesia.

"Beliau selalu menekankan agar diaspora Indonesia untuk kembali ke Tanah Air," tambah Dino Patti Djalal. 

 Saksikan video wawancara Liputan 6 dengan Dino Patti Djalal berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.