Sukses

3 Orang Ini Pemegang Paspor Merah Langka di Dunia

Meski paspor merah ini langka, Anda tak akan bisa pergi jauh jika menjadi salah satu pemiliknya.

Liputan6.com, Malta - Tahukah Anda ada paspor eksklusif dan langka di dunia? Jawabannya ada. The Sovereign Military Order of Malta mengeluarkannya hanya untuk tiga orang tertinggi dalam hirarki Katolik.

Ketiga orang yang dipilih sebagai pemilik buku merah berharga itu adalah mereka yang menyandang gelar grand master, wakil grand master, dan kanselir Ordo di Malta.  Demikian dilaporkan The Sun pada Senin (12/6/2017)

Meski paspor itu langka, Anda tak akan bisa pergi jauh jika menjadi salah satu pemiliknya. Sebab banyak negara tak menerima legalitasnya.

Britania Raya, Amerika Serikat dan Selandia Baru, misalnya, tidak menerima paspor tersebut untuk keperluan perjalanan. Pun demikian dengan banyak negara dan wilayah lain yang juga memiliki aturan serupa.

Selain paspor, ketiga orang itu juga diberikan keistimewaan pencetakan nama pada plat nomor, perangko dan uang koin di The Sovereign Military Order of Malta.

Orde Katolik itu secara resmi diakui oleh Paus Paschal pada 1113, dan merupakan salah satu lembaga tertua di dunia Kristen.

Saat ini lembaga itu beroperasi sebagai organisasi amal yang menawarkan bantuan medis di seluruh dunia, dan tidak mengontrol setiap wilayah sendiri, walaupun memiliki hubungan diplomatik dengan lebih dari 100 negara.

Ada lebih dari 13.500 ksatria dan pendeta di Ordo itu, termasuk 80.000 relawan dan 25.000 tenaga medis.

Jerman saat ini menikmati paspor yang paling kuat di dunia, yang memungkinkan warganya untuk bepergian ke 176 negara dari 218 tanpa visa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini